Berita
Oleh M Anwar pada hari Jumat, 21 Apr 2017 - 09:24:39 WIB
Bagikan Berita ini :
Ahok Dituntut Satu Tahun

PB HMI Ingatkan Hakim Akan Maraknya Penistaan Agama

36IMG_20170421_092252.jpg
Ketua Umum PB HMI, Mulyadi P Tamsir (Sumber foto : Istimewa )

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Umum PB HMI Mulyadi P. Tamsir minta majelis Hakim tidak menerima begitu saja tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap Ahok. Sebab, jika tuntutan satu tahun dikabulkan bisa memicu maraknya kasus-kasus penistaan agama.

"Dikhawatirkan kemudian hari akan banyak muncul kasus-kasus penistaan agama yang dapat mengancam toleransi dan keutuhan negara Republik Indonesia," ujar Mulyadi dalam pernyataan tertulis, Jumat (21/4/2017) yang diterima redaksi di Jakarta.

Mulyadi mengatakan mengapresiasi objektivitas jaksa dalam melakukan penilaian terhadap kasus penistaan agama sehingga Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) dinyatakan bersalah dan terbukti melakukan penistaan agama. Namun sayangnya objektifitas tersebut tidak diiringi independensi dan profesionalisme jaksa sebagai penegak hukum.

"Sehingga tuntutan Jaksa Penuntut Umum dengan menuntut Basuki Tjahaya Purnama selama 1 tahun dengan masa percobaan selama 2 tahun tidak memenuhi aspek keadilan hukum dan rasa keadilan masyarakat," tegas Mulyadi.

Hal tersebut, menurut dia, adalah bukti lemahnya proses penegakan hukum di Indonesia dan akan berimplikasi pada hilangnya kepercayaan publik terhadap aparat penegak hukum sebagai tempat untuk mendapatkan keadilan. Jika tuntutan JPU sepenuhnya diterima oleh hakim dalam memberikan vonis hukuman terhadap Ahok, maka putusan tersebut tidak akan memberikan efek jera dan akan menjadi yurisprudensi baru pada kasus penistaan agama.(ris)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...