Jakarta
Oleh Sahlan pada hari Sabtu, 22 Apr 2017 - 10:20:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Peran Boy Sadikin Dinilai Salah Satu Faktor Tumbangnya Ahok

50boy-sadikin.jpg
Boy Sadikin (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Jakarta Yusuf Wibisono menilai, kekalahan petahana di Pilkada DKI 2017 merupakan pukulan telak bagi PDIP.

Berbagai faktor menyelimuti kekalahan Basuki Tjahja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat. Salah satunya faktor Boy Bernadi Sadikin, yang menjadi Ketua Relawan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, juga menjadi faktor dominan lainnya.

"Loyalis ini lahir karena Boy betul-betul menjaga kadernya saat memimpin PDIP, sejak di Jakarta Selatan hingga DKI. Akibatnya, kader PDIP yang terkenal militan di akar rumput terpecah," kata Jusuf saat dihubungi, Sabtu (22/4/2017).

Penolakan Boy terhadap reklamasi dan pengusungan Ahok oleh PDIP pun membuat simpatisan 'partai banteng' menaruh simpatik kepada mantan wakil ketua DPRD DKI itu.

"Sehingga, simpatisan memilih bersebrangan dengan PDI-P, karena dukungan kepada Ahok dan (menyetujui) reklamasi secara tidak langsung, PDI-P dipersepsikan simpatisannya telah berpaling sebagai partai wong cilik," ucapnya.

Sepatutnya, masalah internal tersebut telah dideteksi dan dinetralisir PDI-P. Sayangnya, itu tidak dilakukan. Sebab, narasi yang mencuat ke publik saat menyosialisasikan petahana, hanya sekadar capaian dan nihil kebijakan yang mengangkat derajat rakyat kecil.

"Tidak pernah muncul, misalnya, pernyataan bahwa reklamasi justru dilakukan untuk kebaikkan wong cilik. Ini contoh, ya," ucapnya.

Dengan demikian, berbondong-bondongnya kader PDI-P senusantara yang 'memadati' DKI, baik menjabat anggota dewan maupun kepala daerah, dalam rangka suksesi Ahok-Djarot menjadi tiada berguna.

"Strateginya, berdasarkan pengamatan saya, hanya memfokuskan pada kuantitas, tapi tidak menjawab konflik internal, apakah tentang Boy yang bersebrangan ataupun konsistensi PDI-P sebagai partai wong cilik," tandasnya.(yn)

tag: #ahok  #pdip  #pilkada-jakarta-2017  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...