Opini
Oleh Umam Afif, Hilmy Aminu, dan Faqih Ikhbatul Insan [Pesantren 'istana Mulia'] pada hari Minggu, 23 Apr 2017 - 14:20:37 WIB
Bagikan Berita ini :

TeropongSenayan-UPNVJ Kenalkan Jurnalistik Online di Pesantren Istana Mulia

51IMG_20170422_113441[1].jpg
foto bersama para peserta Pelatihan Jurnalistik Online di Pesantren Istana Mulia, di Anyer, Sabtu [22/4/2017] bersama TeropongSenayan dan FISIP UPN 'Veteran' Jakarta. (Sumber foto : dok/TeropongSenayan)

SERANG [22/4/2017] - Ini pertama kalinya Pesantren Bisnis Istana Mulia mengadakan pelatihan jurnalistik online. Pelatihan diadakan selama dua hari pada tanggal 22-23 April 2017. Pelatihan tersebut diadakan oleh Universitas Pembangunan Nasional [UPN] ‘Veteran’ Jakarta dan TeropongSenayan [TS] di kampus Pesantren Bisnis Istana Mulia di Desa Bantar Waru, Karang Bolong, Cinangka, Anyer, Serang.

Yang menyampaikan pelatihan adalah Aris Eko Sedijono, Bani Saksono, dan Pamudji Slamet dari TS, serta Azwar dan Anjang Priliantini dari FISIP UPN ‘Veteran’ Jakarta. Lebih dari 100 siswa kelas 7, 8, dan 9 SMP-IT dan kelas 10 SMK-IT ‘Istana Mulia’ mengikuti pelatihan ini.

‘’Kegiatan ini merupakan program pengabdian kepada masyarakat kami bersama praktisi media online TeropongSenayan,’’ kata Damayanti, Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UPN ‘Veteran Jakarta.

Para santri belajar tentang jurnalistik online, menulis dan seberapa menariknya menjadi wartawan. Para santri diajarkan tentang hal-Hal terkait jurnalistik online dan ilmu menjadi wartwan, seperti bahasa jurnalistik dan cara berbicara pada narasumber agar dapat mudah mendapatkan informasi.

Pada hari Sabtu mereka diajarkan tentang bahasa jurnalistik, tata cara berbicara kepada narasumber dan menulis laporan. Sebagian santri ada yang menggunakan laptop, gadget, dan sebagian lainnya hanya menggunakan buku tulis. Pada hari minggu, peserta diajarkan praktek wawancara dan manajemen sosial media.

Para santri diajarkan unsur membuat laporan, seperti 5W+1H, menggunakan unsur SPOK, agar tulisan dapat dimengerti pembaca. Mereka membuat tulisan dengan berbagai cerita untuk dinilai oleh pembimbingnya. Para santri menulis berbagai judul seperti; “Saya Ingin Menjadi Wartawan”, “Enaknya Menjadi Wartawan”. “Tulisan yang bagus akan di upload ke website TeropongSenayan.

“Menjadi wartawan atau jurnalis itu seru dan menantang,” kata Noval, salah satu santri di sana. Beberapa santri berkata bahwa mengelola jurnalistik secara online itu sangat bermanfaat bagi masyarakat, diri sendiri, dan orang banyak.

Pelatihan ini memang tidak membosankan karena para crew memberikan sebuah inspirasi dari pengalaman mereka masing – masing. Dan, menariknya mereka memberikan reward kepada peserta yang aktif dan berani. Hal ini menunjukkan keseriusan crew dan dosen untuk menyemangati para siswa dalam membuat tulisan yang bermakna dan bermanfaat bagi banyak orang.

“Menjadi wartawan itu menyenangkan,” kata Faqih, seorang siswa kelas 8. Hal ini menunjukkan bahwa menjadi wartawan memang bagus dan mulia, dan juga tidak terlalu rumit. Hanya dengan handphone sudah cukup menjadi seorang wartawan dan juga perlu untuk memahami trik–trik wawancara untuk mendapatkan sebuah peristiwa untuk ditulis.

Jadi pelatihan ini memberikan manfaat bagi siswa untuk menguasai jurnalistik dan dorongan untuk berkarya dengan menulis di media sosial ataupun buku. ‘’Asyiknya mengelilngi dunia bersama tokoh tokoh penting, saat wawancara, bagaimana suasana dalam wawancara dilakukan dan masih banyak lagi cerita dan pengalaman para crew dan dosen yang menarik perhatian para santri untuk semakin tertarik dengan ilmu jurnalistik,’’ kata santri yang lain.

‘’Kami ingin program ini diadakan secara rutin agar menggugah minat dan bakat tulis-menulis. Apalagi, pelatihan ini sangat menunjang kurikulum Pesantren Istana Mulia yang berbasis informasi dan teknolgi,’’ kata Prastuti, kepala SMKIT ‘Istana Mulia’ yang menjadi penanggung jawab pelatihan jurnalisik online ini. [b]

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Opini Lainnya
Opini

In Prabowo We Trust" dan Nasib Bangsa Ke Depan

Oleh Syahganda Nainggolan
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidatonya kemarin di acara berbuka puasa bersama, "Partai Demokrat bersama Presiden Terpilih", tanpa Gibran hadir, kemarin, ...
Opini

MK Segera saja Bertaubat, Bela Rakyat atau Bubar jalan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) segera bertaubat. Mumpung ini bulan Ramadhan. Segera mensucikan diri dari putusan-putusan nya yang menciderai keadilan masyarakat.  Di ...