Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 24 Apr 2017 - 06:16:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Shelter Makassar Jadi "Role Model" Indonesia, Ini Penjelasan Menteri Yohana

42IMG_20170424_061518.jpg
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Yohana Yambise (Sumber foto : Antara )

MAKASSAR (TEROPONGSENAYAN)-- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana S Yambise mengaku puas dan menyebut Shelter (perlindungan) di Makassar menjadi teladan atau "role model" di Indonesia.

"Saya sudah beberapa kali keluar negeri dan belajar banyak di negara-negara maju mengenai perlindungan perempuan dan anak, dan Makassar sudah selangkah di depan dengan Shelternya yang sudah jadi role model di Indonesia," ujar Yohana Yambise saat mengunjungi Shelter di Kecamatan Panakkukang Makassar, Minggu (23/4/2017).

Ia mengatakan, sekretariat atau tempat-tempat perlindungan (shelter) untuk perempuan dan anak di Makassar sudah ada dihampir semua kecamatan.

Bahkan shelter yang ada di Makassar ini telah berjalan baik karena mampu memfasiltasi kebutuhan perempuan dan anak korban kekerasan dalam memenuhi hak korban yaitu hak atas kebenaran, hak atas perlindungan, hak atas keadilan dan hak atas pemulihan/pemberdayaan.

Yohana juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pemerintah kota Makassar karena mampu memaksimalkan peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) melalui program-programnya.

"Pak wali kota ini sudah menjalankan apa yang sudah dijalankan di negara-negara maju. Saya sudah banyak mengunjungi negara luar dan belajar tentang perlindungan perempuan dan anak, di Makassar itu saya dapat seperti di luar negeri," katanya.

Yohana mengaku jika shelter yang ada di Makassar sudah mampu mewujudkan kesejahteraan, keadilan dan kesetaraan gender diberbagai bidang kehidupan perempuan dan anak secara menyeluruh.

Shlter di Makassar juga sudah melakukan upaya preventive (pencegahan) kekerasan terhadap perempuan dan anak. Melakukan pendidikan publik secara keseluruhan melalui kegiatan penyuluhan, sosialisasi, kampanye, dan lain-lain

Kemudian memfasilitasi upaya pemberdayaan ekonomi perempuan bagi kelompok-kelompok yang rentan terhadap tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak, dengan membangun koordinasi dengan berbagai lembaga penyelenggara kegiatan pemberdayaan ekonomi perempuan.

"Tujuannya memang itu memfasilitasi upaya peningkatan kualitas hidup perempuan dan anak di sektor pendidikan, kesehatan, keagamaan atau Syariat Islam, ekonomi, politik, sosial dan budaya, melalui koordinasi dengan instansi atau lembaga terkait," terangnya.

Ia mengaku, dengan shelter yang dijalankan di Makassar, pihaknya akan mereplikasinya dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia karena Makassar sudah cukup berhasil.(dia/ant)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soroti Kasus Pinjaman Shopee Paylater, Anggota Komisi XI DPR Dorong OJK Tindaklanjuti dan Perketat Perlindungan Konsumen

Oleh Fath
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Menanggapi maraknya aduan masyarakat mengenai kasus penagihan yang tidak sesuai aturan, pengaktifan sepihak dan penyalahgunaan akun SPaylater oleh orang lain, Puteri ...
Berita

Sah, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden-Wapres Terpilih 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --KPU RI akhirnya resmi menetapkan, Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih Pilpres 2024. Penetapan tersebut ...