Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 24 Apr 2017 - 07:27:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Relawan Digital Sukses Pengaruhi Generasi Muda, Ini Penjelasan Zuhro

81siti zuhro.jpg
Siti Zuhro (Sumber foto : Istimewa )

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Peneliti senior Pusat Penelitian Politik LIPI, Siti Zuhro, menyatakan relawan digital dalam pemilihan kepala daerah DKI Jakarta sukses dalam mempengaruhi pilihan para netizen yang mayoritas merupakan generasi muda ibukota.

"Mereka berhasil mengemas kampanye dengan menarik sehingga menggugah para netizen yang didominasi anak muda," kata Siti Zuhro dalam rilis di Jakarta, Minggu (23/4/2017).

Siti mencontohkan, kemasan yang menarik seperti dilakukan oleh Relawan Digital Anies-Sandi (Insider) yang mengangkat karakter Sandiaga Uno yang gesit, gemar berolahraga, "stylish", dan penuh ide-ide kreatif.

Menurut pandangan dirinya, para pengguna media sosial lebih condong memihak kepada tokoh-tokoh muda yang menawarkan perubahan.

Untuk itu, ujar dia, cara- cara berkampanye politik secara konvensional seperti mengangkat isu negatif untuk menjatuhkan dinilai sudah tidak lagi diminati.

"Orang-orang muda, senang dengan tokoh- tokoh muda. Apalagi, bila didukung dengan tim yang mampu menyampaikan komunikasi politik dengan baik," katanya.

Ia juga mengapresiasi upaya yang dilakukan tim Anies-Sandi dalam menggunakan simbol baru yang unik dan mudah diingat masyarakat seperti gerakan "Oke Oce".

Sementara itu, Koordinator Insider, Anthony Leong mengatakan relawan di dunia digital yang aktif dalam menyebarkan pesannya di dalam media sosial daring dinilai bakal berperan penting dan krusial dalam menentukan kemenangan pilkada Jakarta.

Dalam sejumlah kesempatan lainnya, Anthony Leong juga telah mengutarakan harapannya kepada seluruh relawan untuk dapat memaksimalkan potensi yang ada khususnya melalui media sosial kepada warga.

"Media sosial dewasa ini memiliki peran yang sangat krusial untuk memenangkan pasangan Anies-Sandi," katanya.

Menurut dia, hal tersebut karena melalui medsos bisa menyampaikan pesan yang lebih mendalam kepada masyarakat.

Ia mengakui bahwa banyak tantangan yang dihadapi antara lain terkait masalah bully, dan kampanye hitam serta sejumlah informasi hoax yang disebar para buzzer di dunia maya.(dia/ant)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...