Jakarta
Oleh Alfian Rifsil Auton pada hari Senin, 24 Apr 2017 - 18:23:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Anies Akan Tata dan Hidupkan Kampung Tongkol

12IMG-20170424-WA049.jpg
Anies meninjau langsung Kampung Tongkol Dalam, Jakarta Utara, Senin (24/4/2017) (Sumber foto : Alfian Rifsil Auton/Dokumen TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan menyampaikan konsep penataan kampung di Jakarta usai meninjau langsung Kampung Tongkol Dalam, Jakarta Utara, Senin (24/4/2017).

Dipilihnya Kampung Tongkol karena mereka merupakan kampung yang telah berhasil tertata secara mandiri berkat iniaiator dari warga dan pegiat lingkungan.

"Saya datang ke sini karena ada festival kampung, dan disini contohnya karena kita ingin kampung itu ditata, kampung itu sehat dan kampung itu hidup," jelas Anies usai meninjau lokasi Kampung Tongkol Dalam.

Penataan yang dimaksud Anies bukan menggusur melainkan menggandeng seluruh warga bersama fasilitator dan para profesional yang punya pengalaman pengembangan masyarakat.

"Solusi penataan kampung di Jakarta bukan digusur tapi dihidupkan. Kita ingin Jakarta memiliki karakter Jakarta dengan kampung-kampungnya," kata Anies.

Mantan mendikbud itu mengungkapkan di belakang kampung Tongkol dalam ada tembok warisan kolonial belanda yang usianya ratusan tahun.

"Di belakang sini ada tembok yang usianya ratusan tahun kalau di tempat lain itu adalah harta karun sehingga kebudayaannya dihidupkan warisan sejarahnya dihidupkan dengan melibatkan semua pihak," tutur Anies

Sementara itu menurut Gugun Muhammad yang merupakan pegiat organisasi masyarakat Anak Kali Ciliwung menjelaskan Kampung Tongkol Dalam sebenarnya masuk kampung yang akan digusur karena dibangun untuk jalan inspeksi dekat anak sungai Ciliwung.

"Kita sempat usulkan kampung inspeksi yang menempatkan warga sebagai penjaga sungai lalu menempatkan diri sebagai kampung wisata, karena ditolak maka kita tunjukkan sekarang mulai secara mandiri," ucap Gugun.

Inisiatif warga itu berbuah manis. Gugun mengungkapkan dulunya kampung Tongkol Dalam sangat kumuh hingga dia membuat indikator mengenai hewan-hewan jorok seperti tikus dan kecoa yang tinggal di kampung itu.

"Terapi usai kami lakukan pemberdayaan dan mengajak untuk tak lagi buang sampah sembarangan kini lingkungan Kampung Tongkol menjadi bersih dan berdampak pada kualitas kesehatan pada warga," ujar Gugun. ‎(icl)

tag: #aniessandi  #pilkada-jakarta-2017  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...