Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Selasa, 02 Mei 2017 - 17:51:08 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Minta Pertamina Kelola Blok Migas Karaeng

78mukhtar-tompo-sahlan.jpg
Mukhtar Tompo (Sumber foto : Sahlan/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Blok Karaeng di daerah Jeneponto, Sulawesi Selatan ternyata mempunyai cadangan minyak dan gas yang melimpah. Untuk itu, anggota Komisi VII DPR Mukhtar Tompo berharap PT Pertamina (Persero) bisa mengelola blok tersebut.

"Saya berharap besar Pertamina yang berperan maksimal. Kami prioritaskan Pertamina sebagai perusahaan BUMN dalam negeri," kata Mukhtar, Selasa (2/5/2017).

Politikus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) itu menjelaskan, Blok Karaeng merupakan prioritas temuan cadangan nasional di hulu migas. Prosesnya begitu cepat dibanding Blok Mahakam dan Masela, serta lainnya.

Mukhtar berjanji akan terus menyuarakan supaya Blok Karaeng ini bisa diprioritaskan. Ia mengaku telah menyuarakan potensi Blok Karaeng saat rapat Paripurna bulan Mei 2016 lalu.

"Itulah pertama kalinya Jeneponto disebut dalam forum paripurna, satu-satunya kabupaten yang masih tertinggal di antara 24 kabupaten/kota di Sulsel," ujarnya.

Karena semangat membangun daerah, Mukhtar terus berupaya mencari informasi kepada lembaga terkait. Dia mengirimkan surat ke berbagai instansi. Mukhtar tidak berhenti menyuarakan potensi kekayaan Jeneponto. Upayanya itu berhasil.

"Saya menyuarakan terus dalam rapat-rapat di komisi bersama kementerian ESDM dan alhamdulillah Blok Karaeng berhasil didorong dan masuk dalam lima wilayah kerja prioritas yang akan dilelang pada 2017 ini," paparnya.

Ia melanjutkan, saat kunjungan kerja ke Norwegia, September 2016, dia juga berbincang banyak dan memperkenalkan Blok Karaeng salah satu potensi migas besar di Indonesia yang belum pernah tersentuh.

Dia mengatakan, dalam waktu tidak lama lagi pemerintah kabupaten Jeneponto akan diundang ke Kementerian ESDM untuk melakukan presentasi soal Blok Karaeng.

Kementerian ESDM, ujar Mukhtar, bakal menghadirkan Pertamina dan Statoil Norwegia, sebuah perusahaan perusahaan pengeboran minyak off shore atau lepas pantai.

"Ini kepedulian serta tanggung jawab saya untuk memberi nilai manfaat yang sebesar-besarnya untuk daerah yang saya wakili, serta tanggung jawab moral membantu pemerintah pusat dalam memperkuat cadangan migas nasional," pungkasnya.(yn)

tag: #dpr  #pt-pertamina  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...