Opini
Oleh Djoko Edhi S Abdurrahman (Mantan Anggota Komisi III DPR RI) pada hari Rabu, 03 Mei 2017 - 19:50:27 WIB
Bagikan Berita ini :

Kyai Fannan dan Peta Politik Madura

45IMG-20170503-WA0000.jpg
Djoko Edhi S Abdurrahman (Mantan Anggota Komisi III DPR RI) (Sumber foto : Ilustrasi oleh Kuat Santoso)

Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Raji'un ... Telah berpulang ke rahmatullah KH. Fannan Hasib (Bupati Sampang), siang tadi di RS. Graha Amerta Surabaya. Semoga semua amal ibadahnya di terima Allah SWT dan keluarga yang di tinggalkannya senantiasa sabar dan ikhlas. Amin

Sebelumnya, tahun kemarin, Kyai Fannan sudah sakit usai melantik LBH DESA Sampang dan diantar ke Rumah Sakit di Surabaya. Kyai Fannan, adalah keluarga besar Wang Sing Rono, ayahnya Kyai Hasyib adalah Kyai besar di Madura.

Nyai, istrinya juga Wang Sing Rono, dan ayahnya Nyai adalah Ketua MUI Banjarmasin. Fannan tokoh PPP, yang suaranya mampu menghadapi suara Ra Fuad Amin ketika kontestasi Cagub Jatim Karwo vs Khofifah.

Maksud "suara" adalah aspirasi yang mendukung Karwo versus Khofifah. Fannan memenangkan Khofifah, minus dua (2) kecamatan. Hanya dua kecamatan di Sampang yang dikuasai Ra Fuad, sisanya dikuasai Fannan secara patron client.

Fannan menjabat dua periode, sekali sebagai Wakil, belakangan sebagai Bupati Sampang. Ia tak terlibat dengan korupsi migas Sampang oleh Bupati Sampang sebelumnya, di mana Fannan menjabat Wakil Bupati. Ia tokoh bersih, dengan gaya hidup sederhana, hobi morok dan perkutut.

Meninggalnya Fannan segera mengubah peta politik di Madura, seperti ketika Ra Fuad ditangkap KPK. Saya dekat dengan Kyai Fannn dan Nyai Fannan yang membantu anak-anak LBH DESA di Sampang. LBH DESA adalah lembaga bantuan hukum yang saya dirikan empst (4) tahun lalu.(*)

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Opini Lainnya
Opini

Ahlan Wa Sahlan Prabowo Sang Rajawali!

Oleh Syahganda Nainggolan
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi sudah memutuskan Prabowo Subianto sah sebagai Presiden RI ke delapan. Itu adalah takdir Prabowo yang biasa dipanggil 08 oleh koleganya. Keputusan MK ...
Opini

Jalan Itu Tidaklah Sunyi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --"Jika Mamah jadi penguasa apakah Mamah akan menjadikan anak Mamah pejabat saat Mama berkuasa?" Itu pertanyaan anakku malam ini. Aku mendengarkan anakku ini. ...