Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Minggu, 07 Mei 2017 - 07:52:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketua DPR Janji Tingkatkan Kesejahteraan Para Modin dan Modinah

45IMG_20170507_085410.jpg
Ketua DPR RI, Setya Novanto saat bertemu Modin dan Modinah di Surabaya, Sabtu (6/5/2017) (Sumber foto : Istimewa )

SURABAYA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua DPR RI Setya Novanto melakukan silaturahim dengan para modin dan modinah se-Kota Surabaya, Sabtu (6/5/2017). Ia berjanji akan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Modin dan modinah mempunyai tugas dan fungsi yang bersentuhan langsung dengan warga, antara lain mengadakan pencatatan pengurus kematian serta segala sesuatu yang berhubungan dengan kematian, pendataan tentang nikah, talak, rujuk, dan cerai. Selain itu, memfasilitasi pembinaan kerukunan antarumat beragama, sosial budaya, dan keagamaan.

Dalam pertemuan, Novanto mendapatkan keluhan dari para modin dan modinah soal keinginannya agar mereka dapat perlindungan, terutama dalam hal kesejahteraan. Saat ini, mereka mendapatkan honor bulanan sekitar Rp 285.000.

“Modin telah memberikan pengabdian yang tulus dan ikhlas kepada masyarakat. Mereka tak sekadar menjalankan tugas dan tanggungjawab dalam pekerjan, melainkan lebih dari itu, mereka juga mengharapkan ridho Allah SWT. Jangan sampai kesejahteraan mereka dilupakan. Karena itu, saya menaruh perhatian khusus terhadap masalah kesejahteraan para Modin ini,” ujar Novanto.

Melalui anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar dari Dapil Jawa Timur I (Kota Surabaya dan Kota Sidoarjo), Adies Kadir, Novanto meminta beliau untuk segera berkoordinasi dengan DPRD dan Pemerintah Kota Surabaya agar segera dicarikan solusi bagaimana meningkatkan kesejahteraan para Modin/Modinah.

“Salah satu tugas DPR adalah menyerap dan memperjuangkan aspirasi masyarakat. Karena itu, dengan koordinasi yang baik dengan semua pihak, perlu segera dianggarkan melalui APBD agar para modin bisa mendapatkan kenaikan honor sebesar seratus persen, menjadi sekitar Rp 500.000, dan kemudian dinaikan bertahap menjadi Rp 800.000, sehingga akhirnya bisa menjadi Rp 1.500.000. Untuk memastikan hal ini segera terlaksana, saya akan memantau langsung hal ini,” kata Novanto.

Melalui silaturahim seperti ini, Novanto mengaku bisa langsung berkomunikasi dan mencarikan solusi atas berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat, termasuk yang dihadapi para modin dan modinah di Kota Surabaya.

“Kami senang Ketua DPR ternyata mau bersilaturahim dan peduli terhadap kesejahteraan kami, para Modin/Modinah, yang bahkan tak banyak orang memberikan perhatian kepada kami,” ujar koordinator modin dan modinah se-Surabaya, Ahmadi.

Dalam kesempatan itu Novanto sempat menyampaikan bahwa ini bukanlah kunjungan dan silaturahim dia yang terakhir. Nanti saat ke Surabaya kembali, Novanto akan mengunjungi dan mengecek kembali bagaimana kondisi para modin dan modinah.(yn)

tag: #dpr  #setya-novanto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...