Bisnis
Oleh Bani Saksono pada hari Kamis, 11 Mei 2017 - 23:02:46 WIB
Bagikan Berita ini :

BSM Sinergikan Program Pembiayaan Mikro Buat KPSPS-BTM

62BSM-KSPPS-BTM.jpg
Niken Andonowarih, SEVP Retail Banking Bank Syariah Mandiri [dua dari kanan] dalam acara seminar nasional dan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Induk KSPPS BTM, di Malang, Rabu lalu [10/5/2017]. (Sumber foto : INDUK-KSPPS-BTM)

MALANG (TEROPONGSENAYAN) - Kehadiran Bank Syariah Mandiri (BSM) bakal memberi angin segar bagi kaangan koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah baitul tanwil Muhammadiyah [KSPPS-BTM]. Sebab, BSM bakal mengucurkan program pembiayaan mikro lebih banyak lagi kepada KSPPS-BTM yang tersebar di bebagai tempat seperti Lampung, Banten, Jabar, Jateng, dan Jatiim.

Selama ini, BSM sudh banyak memberikan pinjaman di kalangan Muhammadiyah, khususnya di amal usaha Muhammadiyah seperti perguruan tinggi [PTM] dan rumah sakit. Belum meluas di kalangan KSPPS-BTM. Sejauh ini BSM telah menyalurkan pembiayaan mikro dalam bentuk linked program kepada BTM di Lampung sebesar Rp 53, 5 milIar dan Rp 15 milIar untuk BTM Jawa Tengah. Hal itu diungkapkan Niken Andonowarih, SEVP Retail Banking Bank Syariah Mandiri dalam acara seminar nasional dan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Induk KSPPS BTM, di Malang, Rabu lalu [10/5/2017].

Kemitraan dalam pembiayaan mikro dengan KSPPS BTM, kata Niken, merupakan suatu hal yang strategis. Hal ini tidak lepas dari pengalaman kemiteraan antara BSM dan KSPPS BTM dalam pembiayaan mikro selama ini menunjukkan bahwa kredit macetnya [NPF/Non Performing Financial) 0 persen. Itu menunjukkan bahwa KSPPS BTM merupakan mitra BSM yang paling utama. Terkait itulah, ke depan BSM akan meningkatkan terus dalam linked program dengan KSPPS BTM dalam pembiayaan mikro. "Insya Allah kami akan melayaninya sesuai dengan jumlah berapa besar kebutuhan BTM," papar Niken.

Selain dalam linked program, kata Niken, BSM juga membuka diri dalam kemitraan lain dengan BTM dalam pemanfaatan dana corporate social responsibility (CSR) dalam pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah. Peluang ini sangat terbuka sekali dan bisa sinergi dengan Laznas BSM. Tinggal bagaimana visi dan misi program tersebut harus disesuaikan dengan kepentingan program bersama.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Induk KSPPS BTM Agus Yuliawan menyambut positif tawaran dari BSM tersebut. Jika itu terwujud, BSM adalah satu-satunya bank syariah yang bermitra dengan BTM dalam menyalurkan program Qardhul Hasan berbasis pemberdayaan kepada pelaku UMKM Muhammadiyah. Sekaligus sebagai jawaban dalam menjawab kesenjangan ekonomi yang ada selama ini. "Insya Allah kami akan tindaklanjuti segera dan ini adalah sebuah konklusi dalam membangun sinergi permodalan dalam gerakan BTM," kata Agus. [b]

tag: #muhammadiyah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement