Bisnis
Oleh Bani Saksono pada hari Kamis, 11 Mei 2017 - 23:46:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Ingin Naik Kelas, Usaha Mikro Harus Perbaiki Manajemen Keuangannya

10KEMENKOP-DEPUTI-PROKOSA.jpg
Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Prakosa BS (Sumber foto : kemenkop)

BENGKULU [TEROPONGSENAYAN] – Para pelaku usaha mikro [UM] yang ingin naik kelas menjadi usaha kecil [UK], hrus bisa memperbaiki manajemen keuangannya. Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso BS saat memberi pengarahan kepada ratusan peserta pelatihan Peningkatan Capacity Building Bagi KUMKM se-Provinsi Bengkulu, di Bengkulu, Selasa (9/5/2017).

"Artinya, bila sudah naik kelas menjadi usaha kecil, maka pengelolaan keuangan usaha harus dimenej dengan lebih baik lagi," kata Prakoso. Di acara yang dibuka resmi oleh Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Prakoso juga menekankan pentingnya pelaku usaha kecil untuk mulai menggeluti pemasaran melalui online atau e-Commerce.

"Memperluas jaringan pemasaran bagi produk yang dihasilkan melalui online juga bakal semakin meningkatkan kinerja usahanya. Jangan pernah menunda-nunda untuk mulai masuk ke dunia pemasaran melalui e-Commerce, karena memang sekarang sudah memasuki era digital," tandas Prakoso.

Karena itu, lanjut Prakoso, pihaknya akan terus memberikan program pendampingan bagi usaha mikro dan kecil [UMK], khususnya bagi usaha mikro yang akan naik kelas. "Pendampingan yang akan kita lakukan, selain menyangkut manajemen mengelola usaha dan pasar online, juga akan diberikan semacam pelatihan mengemas produknya.

Karena, salah satu kunci sukses sebuah produk diterima oleh pasar adalah faktor kemasan. Kemasan produk tak boleh lagi asal-asalan. Produk berkualitas akan semakin bernilai bila unsur kemasan juga menjadi perhatian utama," kata Prakoso.

Dalam kesempatan itu juga Prakoso menyebutkan bahwa pihaknya berencana memberikan bantuan pelatihan lainnya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Kementerian koperasi dan UKM tahun 2018. "Pelatihan akan menyasar kalangan nelayan, pelaku UKM di sektor kuliner, kerajinan, dan sebagainya. Targetnya jelas, agar pelaku usaha mikro bisa naik kelas menjadi usaha kecil," tegas Prakoso.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengaku senang atas diselenggarakannya pelatihan tersebut. "Saya sangat mendukung acara pelatihan seperti ini karena bermanfaat bagi kemajuan pelaku UKM di Bengkulu. Potensi daerah Bengkulu sangat bagus bila mampu dimanfaatkan oleh pelaku usaha, khususnya kalangan usaha mikro dan kecil," pungkas dia. [b]

tag: #kementerian-koperasi-dan-ukm  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement