Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 12 Mei 2017 - 07:25:17 WIB
Bagikan Berita ini :

MA Bantah 3 Hakim Dipromosikan Lantaran Memenjarakan Ahok

20ridwan-mansyur.jpg
Ridwan Mansyur (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pihak Mahkamah Agung (MA) membantah promosi jabatan kepada tiga hakim kasus penodaan agama disebabkan memvonis bersalah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dengan 2 tahun penjara.

"Enggak ada hubungannya dengan Ahok. Saya yakinkan enggak ada sama sekali," Kepala Biro Hukum dan Humas MA Ridwan Mansyur saat dihubungi, Kamis (11/5/2017).

Menurut Ridwan, promosi jabatan tersebut merupakan hal yang biasa dilakukan.

"Itu reguler. Dapat promosi. Rombongan Pak Budi (Dwiarso Budi Santiarto) sudah hakim tinggi. Rata-rata hakim tinggi. Kalau enggak (promosi) nanti ketinggalan kan kariernya," dalihnya.

Ia menyatakan, secara keseluruhan ada 388 hakim di pengadilan negeri (PN) yang dimutasi dan dipromosi. Prosesnya pun cukup panjang, yakni memakan waktu tiga hingga empat bulan untuk mempertimbangkannya.

Dalam prosesnya, Ridwan mengatakan, nama-nama hakim yang dimutasi dan dipromosi dipilih berdasarkan pola mutasi dan promosi yang ada di MA.

Tim pertimbangan dalam proses mutasi dan promosi dipimpin langsung oleh Ketua MA Hatta Ali dan melibatkan seluruh ketua kamar yang disesuaikan dengan nama-nama hakim yang dipindah.

"Sehingga kemarin tu sudah ada di website dalam 1x24 jam setelah ditandatangani Ketua MA. Nama-nama itu harus di-publish ke websitemasing-masing pengadilan," tutur Ridwan.

Berikut tiga hakim yang menangani perkara Ahok yang dipromosi:

1. Dwiarso Budi Santriarto, dari Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara promosi menjadi hakim di Pengadilan Tinggi Bali.

2. Abdul Rosyad, dari hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara promosi menjadi Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah.

3. Jupriyadi, dari Wakil Pengadilan Negeri Jakarta Utara promosi menjadi Kepala Pengadilan Negeri Bandung.(yn)

tag: #ahok  #mahkamah-agung  #penistaan-agama  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement