Jakarta
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Sabtu, 13 Mei 2017 - 09:12:29 WIB
Bagikan Berita ini :

Begini Cara Anies Ajak Pemuda Betawi Membaca Masa Depan

53pemudabetawi.jpg
Anies di Kongres ke-VII forum komunikasi mahasiswa Betawi, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2017) malam (Sumber foto : Alfian Risfil/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan mengajak pemuda Betawi untuk selalu membaca dan berpikir ke depan.

"Secara teori, seseorang kalau yang dipikirkan adalah masa lalu dan yang dibicarakan juga masa lalu, bisa dikatakan sudah tua. Namun jika omongannya masa depan bisa dikatakan muda," ujar Anies saat memberi sambutan di Kongres ke-VII Forum Komunikasi Mahasiswa Betawi, di NAM hotel, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2017) malam.‎

Dia menyatakan, jika pemuda tidak bisa membaca masa depan, maka bangsa akan gagal. Hal tersebut terjadi karena oemuda tidak bisa menbaca perubahan dan perkembangan masa depan.

"Contoh, dulu banyak bisnis Wartel (warung telepon), namun sering perkembangan zaman, mereka tergerus oleh produsen HP. Hal itu terjadi karena usaha Wartel tidak bisa membaca perubahan pada masa depan," ujar Anies.

Dia juga memberi contoh, bahwa pendiri NKRI banyak pembaca sehingga menguasai berbagai macam bahasa dunia. ‎

"Agus Salim, Sjahrir, Natsir, dan Soekarno menguasai lebih dari lima bahasa. Nah, anak muda saat ini bisa menjadi penentu perkembangan bangsa di masa depan. Hal tersebut tergantung niat dan usaha membaca yang dilakukan saat ini," kata Anies.

Selain itu, Anies juga mengkritisi masalah inovasi dan tradisi. Sebenarnya tradisi adalah hal yang dilakukan secara terus menerus sehingga menjadi sebuah kebudayaan.

"Permasalahannya adalah setelah terbentuk budaya, muncul problem untuk berinovasi kembali karena takut melanggar pakem yang sudah ada," ujar Anies.‎ (plt)

tag: #anies-baswedan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...