Bisnis
Oleh Bani Saksono pada hari Senin, 15 Mei 2017 - 21:32:42 WIB
Bagikan Berita ini :

Jika Tak Inovatif, Koperasi Akan Ketinggalan

91MENKOP-KSP-KERJA-SAMA-E-RAT.jpg
Menkop dan UKM AAGN Puspayoga tengah memperagakan fasilitas KSP Sejahtera Bersama berbasis online, di Bogor [14/5/2017] (Sumber foto : kemenkop)

BOGOR (TEROPONGSENAYAN) - Koperasi akan ketinggalan bila tidak segera melakukan inovasi di bidang teknologi informasi, khususnya dalam melayani anggotanya. Hal itu merupakan upaya pengurus untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan kepada anggotanya.

Hal itu diungkapkan Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga pada acara sosialisasi hasil Rapat Anggota Tahunan Elektronik (e-RAT) Tahun Buku 2016 Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sejahtera Bersama, di Bogor, Minggu (14/5/2017).

Acara itu juga dihadiri Deputi Bidang Kelembagaan Kemenkop dan UKM Meliadi Sembiring, Ketua Pengawas KSP-SB Iwan Setiawan, dan Dirut KSP-SB Dang Zeany Kurdinansyah.

Menkop Puspayoga juga mengapresiasi kemajuan teknologi yang dilakukan KSP-SB. Seperti, Advance Cooperative Online System atau biasa disebut Artos Mobile dan mesin ATM khusus koperasi yang bisa menarik dan menyetor dana secara tunai. Pada 10 tahun yang lalu, kita tidak pernah bisa membayangkan seorang pengusaha hotel besar tapi tidak memiliki satu buah kamar pun. Demikian juga dengan pengusaha taksi, yang tidak memiliki satu unit mobil pun untuk taksi. Lihat Agoda, Traveloka, dan sebagainya. Lihat juga Grab, Uber, dan Gojek. "Hal itu bisa dilakukan karena mereka menguasai teknologi. Koperasi pun bisa melakukan hal itu dalam meningkatkan pelayanan kepada para anggotanya," jelas Puspayoga.

Menkop menambahkan, penerapan teknologi koperasi tersebut merupakan bagian dari program Reformasi Total Koperasi yang sudah digulirkan Kemenkop dan UKM. Reformasi Koperasi itu meliputi rehabilitasi koperasi, reorientasi koperasi, dan pengembangan koperasi. Tujuannya adalah membangun koperasi yang berkualitas. "Jumlah koperasi tak perlu banyak, cukup sedikit tapi berkualitas. Jumlah anggota koperasinya yang harus terus kita tingkatkan," imbuh Puspayoga.

Soal inovasi teknologi yang dilakukan JSP-SB, Iwan Setiawan menjelaskan bahwa e-RAT sudah dijalankan untuk kedua kalinya. Bahkan, tahun lalu mendapat penghargaan dari MURI sebagai koperasi pertama di Indonesia yang melakukan RAT secara elektronik.

"RAT secara elektronik ini terbukti efektif dan efisien, serta semakin banyak anggota yang terlibat dalam RAT. Ke depan, kami akan terus meningkatkan pelayanan terhadap anggota, khususnya dalam e-RAT," kata Iwan.

Dia juga menjelaskan, dari total anggota sebanyak 90.054 orang, sekitar 53 ribuan anggota di antaranya atau sekitar 59,6% mengikuti e-RAT tahun buku 2016. Dan yang setuju dengan pertanggungjawaban pengurus mencapai 99,36%. Sedangkan yang setuju dengan program kerja tahun 2017 sebesar 98,14%.

"Kinerja usaha KSP-SB tahun 2016 tumbuh sebesar 22%. Dan tahun ini kita akan memperluas jaringan di daerah untuk meningkatkan kinerja kita. Dan kita akan terus melakukan eksplorasi teknologi untuk kemajuan KSP-SB," tutur Iwan.

Sementara itu, Dang Zeany memaparkan teknologi Artos Mobile yang bakal digunakan KSP-SB mulai Agustus 2017 ini. Dengan teknologi Artos Mobile, kata dia, sistem sudah online dengan seluruh kantor cabang. Dengan Artis Mobile9, anggota koperasi juga bisa melihat perkembangan data usaha secara realtime. "Saat ini, sistem ini baru bisa dibuka melalui HP berbasis android. Ke depan kita akan masuk ke layanan Iphone," kata Dang Zaeny.

Artos Mobile memiliki fitur-fitur, antara lain pengecekan saldo tabungan dan simpanan berjangka, transfer antar tabungan, pengecekan outstanding penagihan, pembelian/pembayaran pulsa listrik, Telkom, tiket, hingga pembayaran BPJS Kesehatan. "Intinya, kita ingin memberikan pelayanan prima lewat sistem online kita, layaknya Branchless Banking," kata dia. (b)

tag: #kementerian-koperasi-dan-ukm  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement