Berita
Oleh M Anwar pada hari Rabu, 17 Mei 2017 - 14:52:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Jimly Soal Calon Komisioner Komnas HAM dari FPI: Kita Lihat Integritasnya

69jimly-icmi.jpg
Jimly Asshiddiqie (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Pansel calon Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Jimly Asshiddiqie mengomentari soal calon komisioner Komnas HAM yang juga Ketua Front Pembela Islam (FPI) Semarang Zainal Abidin.

Menurut Jimly, pihaknya akan menelusuri rekam jejak Zainal. Pansel, kata dia, tetap akan bersikap adil kepada semua pihak.

"Ya enggak apa-apa, kita harus lakukan adil. Kita harus lihat integritasnya juga," kata Jimly di Gedung Kementerian Hukum dan HAM, Kuningan, Jakarta, Rabu (17/5).

Kalau nanti, lanjut Jimly, tidak memenuhi syarat, tentu tidak akan lolos. Untuk itu, dalam proses seleksi ini akan ada klarifikasi untuk mengetahui betul-betul rekam jejak calon.

"Kalau memang tidak memenuhi syarat ya tidak lolos. Makanya ini ada trackingnya, di forum juga ada klarifikasi," ucap dia.

Jimly juga mengatakan kursi komisioner Komnas HAM nantinya harus diduduki oleh orang yang tepat, berkapasitas dan berintegritas. Tidak hanya itu, komisioner nantinya juga harus memiliki kerjasama yang kuat, pengalaman yang mumpuni, dan punya tujuan ke depan untuk mengelola Komnas HAM.

"Komnas HAM ini ada di titik nadir, karena Komnas HAM ini disebut yang paling parah karena sekjennya mengundurkan diri, laporan keuangannya juga disclaimer. Makanya ini harus diperbaiki lewat RUU, harus dievaluasi," tutur dia.

Mulai hari ini, Rabu 17 Mei hingga Kamis 18 Mei 2017, pansel calon anggota Komnas HAM melakukan tahapan seleksi terhadap 60 calon anggota secara terbuka. Total calon tersebut dibagi menjadi delapan kelompok yang masing-masing ada yang diisi tujuh sampai delapan orang.

Empat kelompok pertama yang terdiri dari 30 calon mengikuti tahapan seleksi pada Rabu 17 Mei ini dan empat kelompok yang kedua pada Kamis 18 Mei besok.(yn)

tag: #komnas-ham  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...