Jakarta
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 18 Mei 2017 - 06:09:51 WIB
Bagikan Berita ini :

Anies Komitmen Tata dan Revitalisasi Bangunan Bersejarah Jakarta

10IMG-20170306-WA120.jpg
Anies Baswedan (Sumber foto : Alfian Rifsil Auton/Dokumen TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Rasyid Baswedan berkomitmen untuk menata dan revitalisasi bangunan bersejarah di Jakarta.

Hal tersebut disampaikannya usai menunaikan salat di Masjid Jami Cikini Al-Mamur yang menarik perhatiannya, karena dibangun sebelum masa sebelum kemerdekaan pada tahun 1932 yang dipelopori H. Agus Salim dan digunakan tempat berkumpul para tokoh nasional pada masanya.

Anies berkeliling ke setiap sudut masjid yang masih memiliki bagian - bagian yang masih orisinil, dia pun terheran dengan tempat tersebut.

“Masjid ini memiliki nilai sejarah yang tinggi, menjadi salah satu bangunan saksi perjuangan kemerdekaan di Jakarta. Di tempat ini kita bisa mengambil teladan semangat pahlawan yang berkobar untuk berdiri di atas kaki sendiri," kata Anies di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2017).

Dia ingin menjadikan masjid ini sebagai salah satu tujuan wisata historis yang masuk pada program kerjanya, menjadi tempat untuk menggali sejarah bagi para pelajar.

"Kita akan menjadikan Masjid Al Mamur ini sebagai aset wisata, Pemda akan mengelola, melakukan revitalisasi dan membantu publikasi agar tempat ini semakin layak untuk dikunjungi tak hanya untuk salat tapi juga menambah wawasan sejarah," lanjut Anies.

Harapannya jika tempat tersebut sudah tertata dengan baik, ia ingin generasi penerus memanfaatkannya sebagai salah satu wadah keberagaman agama dan inspirasi untuk ikut ambil bagian dalam mengubah bangsa lewat politik.

"Kita bisa lihat masjid ini dulu tempat berkumpulnya para tokoh nasional yang berjuang lewat pemikiran-pemikirannya, menjadikan narasi-narasi sebagai tonggak perubahan. Sangat relevan untuk menjadi rujukan historis bagi para pelajar sebagai pemimpin masa depan," kata Anies. (Ant/icl)

tag: #anies-baswedan  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...