Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 19 Mei 2017 - 13:58:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Hanura Godok Kadernya yang Akan Masuk Pansus Angket KPK

92dadang-rudiana.jpg
Dadang Rusdiana (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Fraksi Partai Hanura masih menggodok kadernya yang tepat untuk dikirimkan menjadi anggota Panitia Khusus (Pansus) Angket KPK. Pasalnya, hasil rapat Badan Musyawarah pada Kamis (18/5/2017) ditunda pembahasannya.

"Sesuai hasil Rapat Bamus pada Kamis, hak angket akan dibahas pada Bamus berikutnya. Kami masih mengkaji anggota yang tepat dari Hanura untuk menjadi anggota Pansus," kata Sekretaris F-Hanura Dadang Rusdiana di Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Dia menjelaskan, dalam Rapat Paripurna DPR telah memutuskan untuk menyepakati digulirkannya Hak Angket KPK sehingga semua fraksi terikat pada keputusan itu.

Menurut dia, hal itu menjadi kewajiban semua fraksi untuk mengirimkan anggotanya dalam Pansus karena kalau tidak mengirim maka mereka akan menyesal karena tidak mengawal substansi.

"Nanti yang tidak setuju akan rugi ketika tidak memasukkan perwakilannya ke dalam Pansus. Jadi baiknya perdebatan kita lakukan di angket saja," ujarnya.

Dadang mengatakan, masa kerja Hak Angket itu paling lama 60 hari dan sesuai dengan Pasal 201 ayat 2 UU nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD bahwa Pansus Hak Angket terdiri atas semua unsur fraksi.

Sebelumnya, Rapat Badan Musyawarah DPR RI pada Kamis (18/5/2017) memutuskan menunda pembahasan hak angket Komisi Pemberantasan Korupsi, hal itu terkait sikap fraksi-fraksi mengenai pengiriman wakilnya ke Panitia Khusus.

"Tadi diminta pendapat pada seluruh pimpinan fraksi sebagian besar meminta untuk ini ditunda pengumumannya lebih lanjut, sambil menunggu seluruh fraksi menyampaikan usulan nama-nama anggota pansusnya," kata Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (18/5).

Dia mengatakan belum ada fraksi-fraksi yang menyampaikan nama-nama sebagai anggota Panitia Khusus (Pansus) angket KPK.

Taufik menjelaskan dalam rapat Bamus DPR itu hanya PKS yang secara tegas menolak hak angket KPK tersebut.

"Fraksi PKS telah menyatakan dalam rapat paripurna tidak akan mengirimkan nama-nama dalam pansus angket KPK," ujarnya.

Taufik berharap pada rapat pengganti Bamus berikutnya sudah ada nama-nama yang diusulkan oleh masing-masing fraksi untuk masuk dalam Pansus Hak Angket KPK.(yn/ant)

tag: #hak-angket-kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...