Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Jumat, 19 Mei 2017 - 15:26:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Setelah Reformasi, Polisi Bukan Lagi Seperti Militer

33arsulsani.jpg
Anggota Komisi III DPR Arsul Sani (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mengatakan, setelah reformasi polisi tidak lagi seperti militer, melainkan sudah menjadi polisi sipil.

Arsul menyampaikan pandangannya menyusul kasus tewasnya taruna Akpol, Muhammad Adam, yang diduga dianiaya oleh seniornya. Dia berharap Gubernur Akpol Irjen Anas Yusuf bisa melakukan evaluasi atas kasus yang merenggut nyawa calon perwira tersebut.

"Polisi kan setelah reformasi didesain untuk menjadi polisi sipil, bukan polisi yang warna militernya kental seperti masa sebelum reformasi," kata Arsul di Gedung Nusantara II DPR, Jakarta, Jumat (19/5/2017).

"Kalau polisi yang desainnya polisi sipil, tapi di lembaga pendidikannya masih ada praktek-praktek seperti itu, maka di lembaga pendidikannya saja sudah terjadi penyimpangan," tambahnya.

Politisi PPP ini meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengambil sikap tegas terhadap pelaku yang menyebabkan Adam meninggal dunia.

"Itu jelas, itu kan perbuatan hukum pidana. Jadi, proses hukum pidannya tetap harus dijalankan," tuturnya.

Seperti diketahui seorang Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Jawa Tengah, dilaporkan tewas setelah diduga dianiaya seniornya.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Djarod Padakova di Semarang, Kamis (18/5/2017) membenarkan kejadian tersebut. "Benar, diketahui dini hari tadi," katanya.

Taruna Tingkat II tersebut bernama Brigadir Taruna Mohammad Adam.

Informasi sementara yang diperoleh, kata dia, korban diduga dipukul oleh 12 taruna tingkat III saat kegiatan pada dini hari. (plt)

tag: #komisi-iii  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...
Berita

Arus Balik Lebaran, KAI Catat 47 Ribu Orang Masuk Jakarta

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang yang masuk Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini, Senin (15/4/2024), mencapai 47.613 orang. Angka ini meningkat ...