Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Jumat, 19 Mei 2017 - 20:49:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Jelang Ramadhan, DPR Awasi Ketersediaan Sembako

47setya_novanto_baru.jpg
Setya Novanto (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua DPR Setya Novanto menegaskan, pihaknya akan fokus melakukan pengawasan ketersediaan sembilan bahan pokok (Sembako), transportasi, bahan bakar minyak dan gas serta pasokan listrikmenjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

“Pimpinan DPR meminta kepada Alat Kelengkapan Dewan terkait untuk memastikan hal tersebut, dengan melakukan kunjungan spesifik ke pasar tradisional serta megecek kesiapan bandar udara, stasiun, terminal dan pelabuhan,” jelas Novant saat membacakan Pidato Pembukaan Masa Persidangan V, Tahun Sidang 2016-2017 di hadapan seluruh Anggota Dewan yang hadir di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Dalam menjalankan fungsi pengawasan lainnya pada masa sidang ini, masih kata Novanto, DPR akan melakukan serangkaian proses uji kelayakan dan kepatutan terhadap beberapa lembaga.

“Diantaranya Calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan 2017-2022, Calon Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia 2017-2022, dan Calon Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu 2017-2022,” paparnya.

Sementara dalam pelaksanaan fungsi anggaran, jelas politisi F-PG itu, pada masa sidang ini Pimpinan meminta kepada Komisi dan Badan Anggaran untuk fokus pada Pembicaraan Pendahuluan RAPBN Tahun Anggaran 2018 dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun Anggaran 2018.

“Pada Rapat Paripurna tanggal 19 Mei mendatang, Pemerintah akan menyampaikan Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal sebagai pedoman penyusunan RAPBN Tahun Anggaran 2018,” kata Novanto.

Dalam masa sidang ini juga, Badan Pemeriksa Keuangan akan menyampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2016 kepada DPR.

“Hasil pemeriksaan ini akan menjadi bahan masukan untuk pembahasan RUU tentang Pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2016,” imbuh politisi asal dapil Nusa Tenggara Timur itu.

Kemudian dalam peran diplomasi Parlemen, DPR akan mengagendakan serta mengirim delegasi untuk menghadiri pertemuan dan sidang atau konferensi organisasi parlemen regional maupun internasional, diantaranya Konferensi Global Legislative Openness pada 19-20 Mei 2017 di Kiev, Perancis.

Berikutnya, Asian Parliamentary Assembly Standing Commitee on Staff abd Financial Regulation tanggal 21-24 Mei di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Kemudian 2nd Meeting of Speakers of Eurasian tanggal 26-28 Juni 2017 di Seoul, Korea Selatan, dan penyelenggaraan Sidang the 9th AIPA Caucus di Fairmont Hotel pada 17-20 Juli 2017.(yn)

tag: #dpr  #setya-novanto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...