Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 21 Mei 2017 - 11:28:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Kata Wamenlu, Bangladesh dan Tunisia Minta Bertemu Presiden Jokowi

1jokowias.jpg
Presiden Jokowi (Sumber foto : Istimewa)

RIYADH (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir mengungkapkan Bangladesh dan Tunisia meminta pertemuan bilateral dengan Indonesia di sela Konferensi Tingkat Tinggi Arab, Islam dan Amerika Serikat (Arab Islamic American Summit) di Riyadh Arab Saudi, Minggu (21/5/2017).

"Ada permintaan dari Bangladesh dan Tunisia. Kami masih melihat kemungkinan waktunya kapan bisa digelar," kata Fachir saat berbincang dengan wartawan di Hotel Intercontinental Riyadh tempat Presiden Joko Widodo menginap saat mengikuti KTT Arab, Islam dan AS.

Dia mengungkapkan pertemuan dengan kedua negara itu, selain membahas soal materi KTT sendiri, juga soal kerja sama ekonomi Indonesia dengan negara-negara itu.

Dengan Bangladesh, kata Fachir, Indonesia akan meningkatkan kerja sama ekonomi.

"Mungkin akan disepakati Preferential Trade Agreement (PTA) dan penjualan kereta api dari PT Inka," katanya.

Sedangkan dengan Tunisia, lanjutnya, negara itu merupakan pasar nontradisional Indonesia.

"RI fokus pada kerja sama ekonomi dan perdagangan. Karena itu perlu mendengarkan lebih dahulu harapan dan kepentingan mereka," kata Fachir.

Sebelumnya, Presiden Jokowi kepada pers saat berangkat ke Arab Saudi di Jakarta, mengungkapkan akan memanfaatkan KTT tersebut untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Bangladesh Syeikh Hasina.

Presiden pun berharap Arab Islamic-American Summit akan memberikan kontribusi nyata untuk membebaskan dunia dari ancaman radikalisme dan terorisme, serta dalam upaya bersama membangun perdamaian dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Wamenlu juga mengungkapkan KTT yang diselenggarakan pertama kalinya itu diikuti oleh 55 negara. (Ant/icl)

tag: #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan ...
Berita

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk ...