Jakarta
Oleh Alfian Rifsil Auton pada hari Selasa, 23 Mei 2017 - 06:19:09 WIB
Bagikan Berita ini :

HUT 67 IGTKI, Anies Ingatkan Guru Pentingnya Pendidikan Usia Dini

10IMG-20170522-WA036.jpg
Anies di Sekretariat Pengurus Pusat IGTKI, Jl. Makmur, Ciracas, Jakarta Timur, Senin (22/5/2017) (Sumber foto : Alfian Rifsil Auton/Dokumen TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Dalam memperingati HUT Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) ke 67, Gubernur DKI terpilih Anies Baswedan, antusias menyambut masa depan bersama tenaga didik TK se-Indonesia.

Agenda tersebut adalah ajang tahunan, untuk evaluasi napak tilas pendidikan usia dini di Indonesia.

"Selamat kepada IGTKI, pada perjalanan yang ke 67 tahun ini, memberikan perjalanan luar biasa, dan sudah terdepan mewarnai oerjalanan pendidikan dan masa depan indonesia," ujar Anies dalam sambutannya di Sekretariat Pengurus Pusat IGTKI, Jl. Makmur, Ciracas, Jakarta Timur, Senin (22/5/2017).

Awalnya, IGTKI bernama PGTKI yang didirikan pada 28 Mei 1950. Organisasi IGTKI ini bertujuan untuk memajukan pendidikan, khusunya anak usia dini sebagai komitmen.
Menurut Anies, adalah sebuah komitmen moral dan pribadi untuk memajukan pendidikan anak di usia dini.

"Kita ingin membangun energi positif, karena itu bisa menular seperti virus yang melampaui ruang-ruang, itu yang kita harapkan. Semoga, segera hadir sosok guru dan pendidik yang semangatnya kelihatan, dan itu yang kita butuhkan," lanjut Anies.

Anies menjelaskan, peran guru khususnya TK harus punya pendekatan yang bagus. Menurutnya, bisa terlihat dari cara guru dalam mendekati murid, tergantung dari pendekatan terhadap anaknya di rumah.

"Kalau anak tidak bisa baca dan tulis kebanyakan orangtua panik. Padahal TK adalah masa dimana anak-anak dibiarkan berkembang dan bebas bermain. Biarkan anak menemukan apa yang ia cita-cita kan, dan jangan dipaksakan," kata Anies.

Selain itu, Anies mengimbau agar semua kalangan untuk serius terhadap pendidikan usia dini. karena dampaknya terasa setelah 15-20 tahun kedepan. Dia yakin Indonesia akan berubah, jika keseriusan dalam dunia pendidikan bisa dibereskan.

"Perhatian pendidikan anak itu sangat mendasar sekali. Secara empiris, investasi dunia pendidikan yang 'return' nya paling besar adalah pendidikan usia dini. Di antara SD, SMP, dan SMA, hingga kuliah, yang paling besar 'return'nya ada di usia dini," ucap Anies.‎ (icl)

tag: #anies-baswedan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...