Berita
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 23 Mei 2017 - 23:43:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Kebangkitan Nasional Tidak Pernah Pudar

46HR-2949.jpg
Upacara Hari Kebangkitan Nasional 2016 di halaman Gedung Sekjen dan Badan Keahlian DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (22/5/2015) (Sumber foto : Istimewa )

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--
Berdirinya organisasi Boedi Oetomo sekitar 109 tahun lalu merupakan salah satu tonggak penting persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia dalam entitas sebuah bangsa. Semangat ini tak pernah pudar bahkan semakin penting artinya saat ini.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal DPR RI Achmad Djuned saat memberikan amanat di Upacara Hari Kebangkitan Nasional. Upacara ini diikuti oleh jajaran pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal MPR, DPR dan DPD RI.

"Semangat kebangkitan nasional tidak pernah memudar, namun justru menunjukkan urgensinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Padahal itu telah tercetus 109 tahun yang lalu, namun sampai sekarang tetap sangat ampuh," ujar Djuned saat memberikan amanat di halaman Gedung Sekjen dan Badan Keahlian DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (22/5/2015).

Djuned sempat menyinggung bahwa pada 20 Mei 1908 adalah salah satu hari bersejarah bagi kebangkitan nasional. Boedi Oetomo yang berdiri pada saat itu, menjadi cikal bakal tumbuhnya nasionalisme Indonesia yang membakar seluruh jiwa rakyat untuk mencapai kemerdekaan.

Hari itu merupakan momentum bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan, serta kesadaran untuk memperbaiki diri sebagai suatu bangsa dan bergerak memperjuangkan kemerdekaannya. Kemudian, tekad sumpah pemuda itu menjadi kekuatan perjuangan melawan penjajah Belanda dan Jepang.

Dalam upacara bendera ini, Djuned juga menyampaikan relevansi peringatan kebangkitan nasional dengan pembangunan sebagai wujud kebangkitan nasional. Aparat pemerintah berkewajiban mewujudkan pemerataan ekonomi.(dia)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soroti Kasus Pinjaman Shopee Paylater, Anggota Komisi XI DPR Dorong OJK Tindaklanjuti dan Perketat Perlindungan Konsumen

Oleh Fath
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Menanggapi maraknya aduan masyarakat mengenai kasus penagihan yang tidak sesuai aturan, pengaktifan sepihak dan penyalahgunaan akun SPaylater oleh orang lain, Puteri ...
Berita

Sah, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden-Wapres Terpilih 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --KPU RI akhirnya resmi menetapkan, Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih Pilpres 2024. Penetapan tersebut ...