Berita
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Jumat, 26 Mei 2017 - 21:21:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Menteri Agama Pastikan Hilal Terlihat di Empat Titik

14LukmanHakimSaifuddin.jpg
Menteri Agama, Lukman Hakim Saefudin (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memaparkan hasil sidang Itsbat yang digelar di Gedung Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (26/5/2017) malam. Lukman menyebut, hilal terlihat di empat titik yaitu di NTT, Sulawesi Utara, Jawa Timur dan di Kepulauan Seribu.

"Kami baru saja menyelesaikan sidang itsbat untuk menentukan kapan memulai puasa di Bulan Ramadhan tahun ini," ujarnya saat memulai konferensi pers di Gedung Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (26/5) malam.

Ia menuturkan, sidang Isbat tersebut diawali dengan mendengarkan paparan dari salah satu anggota Badan Hisab Rukyat Agama yang menjelaskan posisi hilal.

‎"Tidak hanya dilihat dari seluruh wilayah tanah air tapi posisi hilal dilihat dari berbagai penjuru dunia. Sebagaimana lazimnya metode hisab mengetahui posisi Hilal untuk kita mengetahui posisi sebenarnya bagaimana posisi hilal itu," ucapnya.

Berdasarkan penghitungan hisab, kata Lukman, ketinggian hilal berada di 8,51 derajat, lalu elokasi atau jarak busur bulan dan matahari berada pada posisi 8,73 derajat, sedangkan umur hilal adalah 14 jam 57 menit dan 32 detik.

"Inilah perhitungan Hisab merupakan informasi yang tentu dikonfirmasi berdasarkan rukyat dimana hilal terlihat atau tidak di awal sidang Itsbat tadi," katanya.

Berdasarkan laporan dari peserta Sidang Itsbat, lanjut dia, setidaknya tim rukyat hilal telah melihat bulan di empat titik.

"Di awal sidang isbat tadi kami mendapatkan laporan, setidak-tidaknya dari empat titik, karena kementerian agama menyebarkan petugas-petugas yang melakukan rukyatul hilal. Melakukan tugas-tugas di NTT, Sulawesi Utara, Jawa Timur dan Kepulauan Seribu. Berdasarkan laporannya yang diambil di bawah sumpah, mereka semua bisa berhasil melihat hilal," jelas dia.‎

"Maka dengan dua hal tadi perhitungan hisab dan rukyat seluruh peserta sidang bersepakat bahwa malam ini kita sudah memasuki 1 Ramadhan dan tandanya besok pagi Sabtu 27 Mei 2017 kita akan mengawali puasa di bulan Ramadhan tahun ini," katanya. (plt)

tag: #kementerian-agama  #lukmanhakim  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...