Berita
Oleh M Anwar pada hari Minggu, 28 Mei 2017 - 15:23:13 WIB
Bagikan Berita ini :

Jalin MoU Dengan APPSI, Ini Alasan DPD RI

14FB_IMG_1495915599419.jpg
Ketua DPD RI Dr. Oesman Sapta dan Ketua Umum Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Syahrul Yasin Limpo saat menandatangani MoU di The Westin Hotel, Jakarta, Senin (8/5/2017) (Sumber foto : Istimewa )

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--DPD RI bersama Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) melakukan penandatangan nota kesepahaman bersama (MoU). MoU itu dimaksud untuk memajukan kesejahteraan daerah-daerah di Indonesia.

Ketua DPD RI Dr. Oesman Sapta mengatakan MoU ini merupakan pengakuan secara eksis terhadap DPD. Namun sayangnya kewenangan sebagai senator dalam sistem bikameral belum terisi. "Siapa yang bisa mengisi itu? Yaitu tokoh-tokoh terbentuknya DPD," ucapnya di The Westin Hotel, Jakartan Senin (8/5/2017).

Menurutnya, pada dasarnya yang membentuk DPD adalah para gubernur, bupati, para rektor, mahasiswa, dan lainnya. Jadi DPD dibentuk bukan secara tiba-tiba tapi sesuai dengan kebutuhan daerah. "Republik ini bisa makmur apa bila daerah makmur. Tidak mungkin daerah makmur tanpa ada pemerataan," tegas senator asal Kalimantan Barat itu.

Ia menambahkan suara kebatinan DPD tidak jauh berbeda dengan APPSI yaitu memajukan daerah. Tentunya, sekarang bagaimana menyatukan DPD dengan daerah.

"Malam ini kita bergabung kembali dengan gubernur, bupati, dan walikota. Kita kembali lagi bergabung demi daerah. Dan malam ini juga merupakan malam kebangkitan daerah," ujar Oesman Sapta.

Selain itu, Oesman Sapta juga menyinggung Presiden RI Joko Widodo terkait kepeduliannya terhadap daerah-daerah. Presiden Joko Widodo selalu memperhatikan infrastruktur di seluruh daerah walaupun di berasal dari pulau Jawa.

"Pak Jokowi telah datang ke daerah saya enam kali, bahkan dia juga meninjau keperbatasan. Ini merupakan bentuk kepedulian beliau terhadap daerah," lontarnya.

Sementara itu, Ketua APPSI Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa MoU ini merupakan komitmen bangsa Indonesia dari Sabang hingga Marauke. "Tentunya komitmen kita kepada rakyat dan daerah," papar dia.

Gubernur Sulawesi Selatan itu berharap komitmen ini bisa berlangsung dengan cepat antara DPD dan seluruh gubernur. Bahkan, komitmen ini juga sebagai round table seluruh provinsi di Indonesia. "Ini sekaligus untuk menyikapi tantangan bangsa kita yang saat ini tengah dihadapi. Saya yakin pertemuan ini sangat penting," jelasnya.

Kedepan, lanjutnya, komitmen-komitmen yang semakin dalam ini bisa memposisikan diri kita terhadap bangsa. Selain, tidak ada lagi posisi gubernur dengan DPD tidak ada lagi sekat-sekat.
"Kita percaya bangsa ini sangat besar dan tentunya tantangan juga semakin besar. Maka dengan membangun kekayan yang besar ini bisa didorong secara maksimal dan menghadirkan pemerintah yang bekerja untk kepentingan daerah. Tentunya di bantu oleh DPD," kata Syahrul.(dia)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Hardjuno Pertanyakan Ketegasan Pemerintah dan DPR Soal Pemberantasan Korupsi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 17 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan public seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu ...
Berita

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn ...