Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 30 Mei 2017 - 10:32:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Tebar Pesan Damai, BNPT Rekrut Netizen Muda

62suhardi-alius.jpg
Suhardi Alius (tengah) (Sumber foto : Istimewa)

BOGOR (TEROPONGSENAYAN)--Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) akan merekrut netizen dari kalangan anak muda yang memiliki banyak pengikut untuk menyebarkan pesan damai.

Kepala BNPT Suhardi Alius di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (29/5/2017) mengatakan, perekrutan anak-anak muda untuk menyebarkan pesan damai merupakan salah satu program deradikalisasi.

"Ada dua program deradikalisasi pertama untuk yang sudah terpapar, dan kedua untuk yang belum terpapar radikalisme," kata Suhardi.

Ia menyebutkan program untuk yang sudah terpapar ditujukan untuk para napi teroris atau keluarganya. Sedangkan rehabilitasi untuk yang belum terpapar radikalisme misalnya dengan merekrut anak muda untuk menyebar pesan damai atau anti-radikal.

Menurut dia, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan Polri untuk mengungkap jaringan teroris yang luas.

"Jangan sampai terjadi seperti yang kemarin itu," katanya.

Ia menyebutkan, RI memang belum mempunyai UU yang cukup kuat sebagai payung hukum penanganan dan pencegahan terorisme.

"Perlu semacam proactive law enforcement, untuk menjemput persiapan-persiapan mereka sehingga dapat digagalkan. Nah, sekarang pemerintah meminta agar pembahasan RUU itu dipercepat, supaya kita memiliki langkah hukum untuk bisa mengantisipasinya," katanya.

Ketika ditanya apakah aksi teror di Kampung Melayu dikendalikan dari luar negeri, Suhardi mengatakan mereka melakukan kontak secara online dan offline.

"Online itu kan perintah-perintah dari luar. Offline ya mereka bertemu, ini terorganisir. Oleh sebab itu online dan offline harus bisa kami antisipasi," katanya.

Ia menyebutkan dengan semakin terdesaknya ISIS di Syria maka sebarannya sudah ke mana-mana termasuk di Asia Tenggara.

"Ini jadi medan magnet tersebut untuk mereka untuk melaksanakan jihad versi mereka yang harus diantisipasi," kata Suhardi.(yn/ant)

tag: #bnpt  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...