Berita
Oleh Alfian Rifsil Auton pada hari Rabu, 07 Jun 2017 - 06:52:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Rachmawati Prihatin Nasib UUD 45 Usai Diamandemen

37ravhma.jpg
Rachmawati Soekarnoputri (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Putri Proklamator RI Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri kembali menyampaikan keprihatinannya, terkait diamandamennya UUD 1945 mulai dari tahun 1999 silam.

Menurutnya, hal itulah awal mula bobroknya perjalan bangsa dan negara.

"Sejak awal saya bilang, ini bukan amandemen tapi mengganti konstitusi kita. Karena berbeda sekali. Bayangkan, dibongkarnya (UU 45) itu sampe empat kali," kata Rachmawati disela-sela peringatan Hari Lahir Bung Karno bertajuk bertajuk; 'Aktualisasi Pancasila, Bukan Hanya Kata', di Kampus UBK, Jakarta, Selasa (6/6/2017) malam.

Menurut Rachma, urgensi dari UUD 1945 yang asli adalah mencerminkan semangat sosialisme ala Indonesia. Namun setelah diamandemen, pergantiannya sangat fatal dan seketika menjadi liberal kapitalistik.

"Bentuk radikal dari liberal kapitalisme ini adalah termasuk pasar bebas, tidak ada lagi perlindungan kepada rakyat kecil. Siapa yang kuat dia berkuasa," ungkap pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno itu.

Selain itu, Rachmawati menyebut, bahwa UUD 45 harus juga diikuti Pancasila. Sebab, keduanya merupakan tunggal dan tak bisa dipisahkan.

"Pancasila dan UUD 45 tak bisa dipisahkan satu sama lain. Itulah konstitusi yang diamanatkan Bung Karno. Jadi Bung Karno bilang, ini luru (dua) tapi siji (satu," tandasnya. (icl)

tag: #uud-45  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...