Bisnis
Oleh Bani Saksono pada hari Rabu, 07 Jun 2017 - 10:42:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Siapkan Kredit Konsumer, BNI Siap Kelola Gaji Karyawan PNM

9PNM-KOMISARIS-MENTERI-BUMN.jpeg
Komisaris PT PNM [Persero] Agus Muharram bersama Menteri BUMN Rini Soemarno. (Sumber foto : PNM)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM menunjuk PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) sebagai bank pengelola keuangan para karyawannya. Layanan itu termasuk pembayaran dan pengelolaan gaji sekitar 5.000 karyawan serta belasan ribu karyawan perusahaan anak PNM.

Untuk itu, BNI menyiapkan berbagai produk pinjaman konsumer yang cocok untuk para karyawan PNM, mulai dari kredit kepemilikan rumah, kredit multiguna, kredit tanpa agunan hingga kartu kredit. Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BNI dengan PNM ini dilaksanakan di Jakarta, Selasa (6/6/2017). Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Utama PNM Parman Nataatmadja, Direktur Perencanaan dan Operasional BNI Bob Tyasika Ananta, serta Direktur Bisnis 2 BNI Life Intan Abdams Katoppo.

Bob Tyasika Ananta mengungkapkan, ruang lingkup dalam perjanjian kerja sama ini adalah penyediaan layanan pembayaran gaji (payroll) dan penyaluran penghasilan karyawan PNM, penyaluran fasilitas kredit konsumer kepada karyawan PNM, serta penerbitan dan pengelolaan rekening BNI Taplus kepada Karyawan PNM. Kerja sama ini merupakan salah satu bentuk nyata sinergi antar-BUMN yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Melalui kerja sama ini, kedua BUMN tersebut dapat mengembangkan kinerjanya, antara lain melalui peningkatan kinerja sumber daya manusia PNM dan pengembangan basis nasabah bagi BNI.

Sebelumnya, BNI dan PNM telah bekerjasama secara erat dalam menyalurkan pembiayaan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dengan demikian, kerja sama tersebut merupakan penguatan kerja sama yang telah dijalin sejak lama antara kedua BUMN tersebut. Dukungan BNI terhadap PNM juga diberikan melalui perusahaan-perusahaan anak. Seperti penyediaan asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan oleh BNI Life.

BNI juga menyiapkan layanan pinjaman khusus bagi pegawai PNM yang dapat dimanfaatkan untuk membiayai berbagai kebutuhan, antara lain BNI Griya untuk membiayai perumahan atau tempat tinggal. Produk lainnya adalah BNI Multiguna yang dapat digunakan untuk membiayai berbagai kebutuhan karyawan PNM.

Kerja sama BNI dengan PNM juga dikembangkan untuk mengarah pada digitalisasi transaksi keuangan di lingkungan PNM. Salah satunya adalah dengan menerbitkan Kartu Multifungsi yang dapat memberikan banyak manfaat, yaitu menjadi electronic money. Model seperti itu di BNI disebut BNI TapCash

Sedangkan di PNM, kartu itu dapat berfungsi sebagai kartu identitas karyawan, uang elektronik yang dapat digunakan untuk transaksi belanja, pembayaran tol, dan kartu parkir. Selain itu juga dapat ditambahkan fungsi non financial seperti absensi, Kartu Kesehatan, dan Kartu Akses.

Penerbitan kartu multifungsi ini sejalan dengan arahan dari Kementerian BUMN perihal implementasi penerbitan ID Card BUMN. Penggunaan Kartu ID Card - TapCash ini diharapkan mampu membantu karyawan PNM untuk bertransaksi dengan lebih mudah tanpa membawa uang tunai.

BNI sebagai partner keuangan dengan total financial solution, melihat nasabah bukan hanya dari kebutuhan keuangan saat ini saja melainkan dengan strategis melihat kebutuhan ke depan. Artinya, BNI dapat memberikan solusi yang terintegrasi kepada seluruh kegiatan operasional PNM baik pengelolaan keuangan perusahaan maupun transaksi yang dilakukan karyawan. (b)

tag: #bni  #bumn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement