Jakarta
Oleh Alfian Rifsil Auton pada hari Jumat, 16 Jun 2017 - 07:05:32 WIB
Bagikan Berita ini :

Djarot Dinilai Sulit Wujudkan Sisa Program Jokowi-Ahok

86DJAROT.jpg
Djarot Saiful Hidayat (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Djarot Saeful Hidayat resmi menjadi Gubernur DKI Jakarta menggantikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang tersandung kasus penistaan agama.

Banyak pekerjaan yang belum tuntas, Djarot diminta fokus susun keuangan dan rencana kegiatan 2018 agar program rakyat tercapai.

Pengamat Perkotaan Universitas Trisakti, Nirwono Jogo menilai bahwa sisa waktu kepemimpinan Gubernur Djarot yang hanya menyisakan sekitar 4 bulan, sangat sulit untuk menuntaskan program prioritas yang diwacanakan pada masa Gubernur Jokowi-Ahok.

Menurut Nirwono, apabila itu dipaksakankan tentu hasilnya tidak akan maksimal, bahkan aspek kelaikan bisa terabaikan hanya untuk mngejar waktu.

Dia menyarankan agar Gubernur Djarot bisa memilih prioritas mana saja yang paling realistis untuk dituntaskan sampai dengan Oktober dan mana yang bisa sampai dengan Desember.

"Itu lebih bijak. Penyelesaian 6 rumah susun sewa, Light Rail Transit (LRT), revitalisasasi waduk, peremajaan bus sedang dan sebagainya itu sangat sulit," kata dia, Jakarta, Kamis (15/6/2017).‎

Nirwono menyebut, tidak sedikit kendala yang akan menghambat pencapaian RPJMD. Bahkan, dia menilai bila semuanya itu akibat kepemimpinan Ahok yang tidak mau mendengarkan aspirasi warga.

Dia menjelaskan, dalam mewujudkan visi misi yang merupakan janji kepala daerah terhadap warganya saat meminta dukungan, Mantan Gubernur Ahok harusnya membangun suasan kondusif dan melibatkan masyarakat. Jangan sampai antara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tidak saling mendukung seperti yang terlihat saat ini.

Misalnya saja dalam penanganan banjir yang menjadi prioritas dalam visi misi Jakarta Baru. Seharusnya, kata Nirwono, apabila masih terjadi banjir, Ahok tidak menyalahkan kinerja anak buahnya.

Sebaiknya, Ahok menunjukan empatinya kepada warga yang terdampak banjir, menunjukan rasa prihatin dan kalau perlu blusukan ke kawasan banjir. ‎

"Memohon maaf masih banyak pekerjaan rumah dalam penanggulangan banjir. Untuk itu mohon dukungan warga untuk bersama menangani banjir. Kalau menyalahkan anak buah akhirnya anak buah curhat ke media, dan warga semakin putus asa dengan kepemimpinan Ahok, dan tidak menyelesaikan masalah," imbuhnya. (icl)

tag: #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...