Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Jumat, 16 Jun 2017 - 07:17:43 WIB
Bagikan Berita ini :

Kajian Akademis KPK Soal Pansus Angket Disebut Sesat

78Demokrat-Benny.jpg
Benny K Harman (Sumber foto : Dokumen Teropongsenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Komisi III DPR Benny K Harman menilai, kajian akademik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk tidak menuruti Pansus Angket Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), adalah logika sesat.

Menurutnya, sikap Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara-Hukum Administrasi Negara (APHTN-HAN) dan Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Fakultas Hukum Universitas Andalas, sarat dengan tafsir sepihak.

"Sikap akademik itu disemangati oleh pikiran segelintir orang yang beranggapan bahwa hak angket dibuat untuk mengintervensi KPK dalam proses penyelidikan dan penyidikan terhadap kasus e-KTP. Jelas ini logika sesat," kata Benny saat dihubungi di Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Politisi Demokrat ini mengatakan, pendapat para ahli hukum tersebut adalah pendapat politik yang berlindung dibalik kepentingan akademik. Sebab, lanjut Benny, hak angket DPR sejatinya digunakan untuk semua lembaga negara, tak terkecuali presiden.

"Pendapat para ahli hukum itu, justru nilai akademiknya sama sekali kosong melompong. Hak angket DPR untuk memastikan apakah KPK telah tebang pilih atau tidak, dalam pemberantasan korupsi," tegasnya. (icl)

tag: #komisi-iii  #kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...