Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Rabu, 21 Jun 2017 - 06:53:30 WIB
Bagikan Berita ini :

Klaim Jumlah Pengemis Turun, Dinsos DKI Beberkan Datanya

92pengemis.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta mengklaim, jumlah pengemis atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Ibu Kota selama Ramadhan 2017 mengalami penurunan.

Penurunan jumlah itu berdasarkan jumlah PMKS yang berhasil dijangkau petugas dari jalanan.

Kepala Dinas Sosial DKI, Masrokhan mengatakan, tren penurunan itu sekitar 30 persen. Tahun lalu PMKS yang dijangkau selama Ramadhan sekitar 1.319 orang.

"Tahun ini dari awal Ramadhan hingga 24 Ramadhan sebanyak 614 orang PMKS yang berhasil kami jangkau dari jalanan," ujar Masrokhan saat Apel Gabungan PMKS jalanan jelang Idul Fitri, Selasa (20/6/2017).

Dikatakan, hingga akhir Ramadhan, kemungkinan penurunan jumlah PMKS itu tidak jauh dari 30 persen.

Menurut Masrokhan, penurunan terjadi lantaran pihaknya telah memetakan daerah-daerah rawan PMKS jalanan di lima wilayah kota. Sehingga Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) lima wilayah kota segera melakukan penjangkauan di daerah tersebut.

"Kami telah memetakan daerah rawan PMKS ini telah bergeser ke tempat umum seperti Jembatan Penyeberangan Orang (JPO), pasar tradisional, Tempat Pemakaman Umum (TPU), mall, perumahan penduduk, dan tempat keramaian lainnya," kata Masrokhan.

Pihaknya sendiri, tambah Masrokhan, mengerahkan petugas sebanyak 425 orang Satuan Petugas P3S di lima wilayah kota. Selain itu pihaknya juga bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta dalam penjangkauan PMKS jalanan.

Ia pun mengajak kepada warga DKI agar cerdas dalam memberi bantuan apapun. Karena bantuan yang diberikan itu kerap disalahgunakan oleh oknum yang memanfaatkan ramadhan.

"Jika warga ingin memberi, bisa disalurkan kepada lembaga-lembaga yang terpercaya dan akuntabel. Karena tentu kita ingin pemberian itu dapat bermanfaat untuk kehidupan yang lebih baik," pungkasnya.(yn)

tag: #dki-jakarta  #ramadhan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...