Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Kamis, 22 Jun 2017 - 15:57:15 WIB
Bagikan Berita ini :

‎Tim Sinkronisasi Tinjau Penataan Kampung Tongkol

44tim-sinkronisasi-tongkol.jpg
Tiga orang anggota tim sinkronisasi AAnies-Sandi saat meninjau Kampung Tongkol, Pademangan, Ancol, Jakarta Utara, Kamis (22/6/2017) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Tiga orang anggota tim sinkronisasi Anies-Sandi yaitu Mohammad Hanief Arie Setianto, Fadjar Pandjaitan, dan Edriana Noerdin meninjau Kampung Tongkol, Pademangan, Ancol, Jakarta Utara, Kamis (22/6/2017).

Ketiganya menyusuri kampung pinggir anak kali Ciliwung tersebut dengan dipandu aktivis UPC (Urban Poor Consortium), Gugun Muhammad.

"Ada tiga kampung di sini yang akhirnya rumahnya digeser, dipotong (sebesar) lima meter dari tanggul sungai. Hasilnya jalan (samping sungai) ini sekitar satu kilometer ke belakang," kata Gugun.

Gugun menjelaskan sebelum 1990an warga bermukim di atas sungai dan memperlebar rumahnya hingga tidak ada jalan untuk kendaraan. Tanah di samping sungai, sambungnya, selebar lima meter akhirnya dibebaskan Pemda saat itu.

"Rencananya akan ada pembangunan jalan tapi tidak terealisasi. Warga kemudian menempati jalan (samping sungai) lagi. Ketika ada (wacana) penggusuran, warga secara swadaya mundur sukarela. Tanah Pemda yang hanya 5 meter saja dikembalikan warga," ujar Gugun.

Dalam kesempatan tersebut, tim sinkronisasi juga diperlihatkan potret dokumentasi perubahan Kampung Tongkol yang sebelumnya kumuh menjadi hijau dan tertata rapi. Kampung Tongkol diharapkan menjadi contoh gerakan dalam penataan kampung mandiri oleh masyarakat.‎(yn)

tag: #aniessandi  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...