Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 26 Jun 2017 - 06:03:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Djarot Klaim Gaya Kepemimpinan Jokowi Tepat Cegah Urbanisasi

90djarot.jpg
Djarot Saiful Hidayat (Sumber foto : Istimewa)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengklaim gaya kepemimpinan Jokowi sudah tepat dalam menekan arus urbanisasi ke Jakarta.

"Sekarang sudah tepat zaman Pak Jokowi, karena dia membangun dari daerah, luar Jawa," kata dia di Jakarta Pusat, Minggu (25/6/2017).

Djarot mengungkapkan, pembangunan dari luar Jakarta dapat menekan kepadatan di Jakarta yang kerap meningkat usai lebaran. Sebab, alasan orang datang ke Jakarta menurut dia karena banyaknya lapangan kerja di Jakarta.

"Bayangkan infrastruktur yang ada di Jakarta itu terus-terusan sekarang ini dan itu menyerap tenaga kerja. Kami juga membuka lapangan kerja padat karya. Seperti PPSU dan pasukan pelangi adalah pola membuka lapangan kerja dengan pola padat karya," ujarnya.

Selain itu, pemberian keterampilan dan membina pengusaha kecil dapat menarik pendatang. Namun apabila tiap tahun terus didatangi pendatang menurut Djarot akan membuat daya beban ke kota.

"Maaf ya, daya beban kota itu ada batasnya, suatu ketika dia tidak akan mampu menerima lagi, ada batasnya," katanya lagi.

Djarot pun mencontohkan pada zaman kepemimpinan Ali Sadikin sebagai gubernur DKI Jakarta. Menurut Djarot, pada masa itu orang yang datang ke Jakarta harus membayar uang jaminan. Orang itu diberikan kesempatan tiga bulan di Ibu Kota.

"Kalau dia tidak bisa dapat kerja maka dia harus balik ke daerahnya dengan uang jaminan itu," jelasnya.

Namun, untuk saat ini, pembangunan infrastruktur yang dilakukan Presiden Jokowi di luar pulau Jawa, menurutnya dapat berperan dalam mengerem angka kepadatan Jakarta.

Hal itu karena pembangunan infrastruktur otomatis membutuhkan tenaga kerja di daerah. Sehingga warga di daerah tidak perlu ke Ibu Kota untuk mencari pekerjaan. (icl)

tag: #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya