Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 29 Jun 2017 - 09:16:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Obama Terpesona dengan Keindahan Candi Borobudur

54obama-candi.jpg
Barack Obama saat mengunjungi Candi Borobudur, Yogyakarta, Rabu (8/6/2017) (Sumber foto : Istimewa)

MAGELANG (TEROPONGSENAYAN)--Dalam liburannya di Yogyakarta, Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama menyempatkan mengunjungi Candi Borobudur, Rabu (28/6/2017).

Dalam kunjungan singkatnya itu, Obama sangat menikmati dan terpesona dengan keindahan candi umat Buddha tersebut.

Iring-iringan rombongan mobil Obama tiba di Candi Borobudur sekitar pukul 16.35 WIB, Rabu, 28 Juni 2017. Dalam rombongan itu, Obama naik mobil Land Cruisser berwarna hitam.
Rombongan tersebut masuk melalui pintu khusus tamu VVIP yang terletak di sebelah barat Candi Borobudur.

Kunjungan Obama dan keluarganya ke Borobudur terbilang singkat karena hanya selama 30 menit. Setelah itu, rombongan langsung meninggalkan Candi Borobudur sekira pukul 17.18 WIB.

Selama di Candi Borobudur, Obama mendapatkan penjelasan terkait sejarah dan cerita candi peninggalan Wangsa Syailendra tersebut dari Kepala Humas Balai Konservasi Borobudur, Mura Aristina.

Usai mendampingi keluarga Barack Obama, Mura pun menceritakan jika mantan orang nomor satu di Amerika Serikat itu sangat tertarik dengan sejarah Candi Borobudur.

"Beliau saya jelaskan secara umur tentang Borobudur. Pak Obama sangat aktif mendengarkan saya. Beliau selalu bersama dengan saya mendengarkan penjelasan terkait Borobudur," kata Mura di Candi Borobudur, Magelang, Rabu (28/6/2017) sore.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa dari semua penjelasan yang disampaikannya, Obama paling tertarik terkait struktur pembangunan candi tersebut.

"Beliau sangat terkesan sekali, salah satunya dengan struktur bangunan. Bagaimana candi ini dibangun dengan 2 juta potong batu bisa saling mengunci," kata dia.

Selama memberikan penjelasan kepada Obama, Mura mengakui jika mantan Presiden yang pernah merasakan masa kecil di Jakarta itu beberapa kali mengajukan pertanyaan terkait pembangunan candi.

"Beliau menanyakan terkait butuh berapa orang dan berapa generasi untuk membangun candi itu serta membutuhkan waktu berapa lama," katanya.

Setelah penjelasan terkait sejarah dan relief candi, Obama disebutkan berjalan menuju stupa besar yang terletak di bagian atas dan takjub dengan keindahannya.

"Beliau sangat ekspresif sekali menyatakan bahwa ini sungguh indah dan damai. Apalagi ditambah sekarang musim hujan seperti sekarang sehingga semuanya terlihat hijau dari puncak," kata dia.(yn)

tag: #amerika-serikat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...