Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 02 Jul 2017 - 07:03:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Pidato Obama Menginspirasi Ridwan Kamil

80ridwankamil.jpg
Ridwan Kamil (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku terinspirasi pidato mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dalam pembukaan Kongres Diaspora Indonesia ke-4 yang diselenggarakan di Jakarta, Sabtu (1/7/2017).

Menurut Emil, dalam pidatonya Obama menggarisbawahi pentingnya kekuatan dialog dan kolaborasi antarnegara untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang menjadi tantangan bersama.

"Itu yang menginspirasi saya, bagaimana bangsa ini bisa menjadi bangsa yang luar biasa di masa depan dengan belajar, bukan hanya dari kelebihan bangsa lain tetapi juga dari kesalahan negara-negara yang menjadi 'super power' hari ini," kata pria yang karib disapa Kang Emil itu usai menghadiri sesi pembukaan kongres.

Selain itu, Obama juga menyoroti peran Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar dunia yang menyambut baik demokrasi. Meskipun menurut Presiden AS ke-44 itu demokrasi yang diterapkan di berbagai negara saat ini belum sempurna, namun itu adalah sistem yang paling efektif.

"Tinggal disempurnakan sehingga setiap negara punya proses demokrasinya sendiri, siapa tahu itu bisa menjadi contoh di masa depan kalau Indonesia harmonis dengan demokrasinya, maka dunia bisa ikut terbawa harmonis," kata Emil.

Pidato Obama dalam sesi pembukaan Kongres Diaspora Indonesia ke-4 menjadi pidato pertamanya di Asia, setelah menyelesaikan tugasnya sebagai presiden Amerika Serikat pada 20 Januari 2017. Kongres yang dihadiri 9.000 orang dari 55 negara seluruh dunia itu merupakan rangkaian diskusi yang menghadirkan diaspora Indonesia dari beragam latar belakang, untuk membahas isu-isu terkini seperti toleransi, diplomasi, bisnis, inovasi, dan warisan budaya. (Ant/icl)

tag: #ridwan-kamil  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...