Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 11 Jul 2017 - 11:44:04 WIB
Bagikan Berita ini :

Utang Indonesia Numpuk, DPR: Jangan Gali Lubang Tutup Lubang

43taufik-kurniawan-ts.jpg
Taufik Kurniawan (Sumber foto : Dok/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengatakan, pihaknya sepakat dengan pemerintah, untuk tidak lagi berutang kepada yang lain untuk membayar utang Indonesia Rp 3.667 triliun.

Taufik membeberkan, guna mengatasi utang, DPR dan pemerintah sepakat mendorong pembangunan infrastruktur dan membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya.

"Jangan sampai kita terjebak pada gali lubang tutup lubang, ini statement dari Menteri Keuangan yang kita pegang. Defisit kita sudah dekati lampu kuning," kata Taufik di Gedung Nusantara III DPR, Jakarta, Selasa (11/7/2017).

Politisi PAN ini mengungkapkan, kenaikan utang Indonesia ke angka Rp 3.667 triliun tidak lepas dari situasi Amerika Serikat yang sedang menuju ke arah perbaikan ekonomi.

Dimana, Bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga untuk kedua kali dalam tiga bulan sebesar 1,25 persen.

"Tentunya menjadi hal yang harus kita cermati bersama-sama. Teman-teman Banggar (Badan Anggaran DPR) juga sedang bekerja keras dengan pemerintah lakukan terobosan-terobosan untuk penguatan sektor rill, dan pembangunan infrastruktur tadi, peningkatan UKM, dan hal-hal yang menyentuh padat karya," jelasnya.

Sebelumnya,Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengakui kondisi Rancangan APBN (RAPBN) 2017 tidak sehat. Ini karena adanya defisit keseimbangan primer senilai Rp 111,4 triliun.

Keseimbangan primer adalah total penerimaan dikurangi belanja negara tanpa pembayaran bunga utang. Sri Mulyani mengatakan, bila keseimbangan primer ini defisit, itu berarti pemerintah menarik utang untuk membayar bunga utang.(yn)

tag: #utang-pemerintah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...