Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 17 Jul 2017 - 16:07:17 WIB
Bagikan Berita ini :

Tito Bilang Densus Anti Korupsi Tidak Untuk Kecilkan KPK

20kapolrijenderaltitokarnavian.jpg
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, keberadaan Detasemen Khusus (Densus) Anti Korupsi tidak untuk mengecilkan keberadaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Intinya kita bukan menyaingi KPK, tidak. KPK kan jumlahnya terbatas, 1,000 paling ya, penyidiknya juga 150 mungkin, penyelidiknya juga mungkin segitu. Jadi yang bisa ditangkap kasus-kasus besar. Sekarang penangkapan kasus besar tentu ada pengaruhnya, tapi tidak akan masif. Nah contoh, saya waktu ketemu dengan KPK di Mabes Polri saat halal bihalal saya sampaikan tanpa mengecilkan teman-teman KPK dan tanpa membesarkan Polri," kata Tito di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Saat pertemuan itu, kata Tito, dirinya menyampaikan bahwa Polri ini mesin raksasa, dengan 423 ribu personel, 33 Polda, dan hampir 500 Polres. Dengan jumlah tersebut, kata dia, banyak kasus yang sudah ditangani, seperti kasus sembako yang bekerja sama dengan Kementan, Kemendag, dan KPPU.

"Kita melihat dalam waktu dua bulan, ada sekira 212 perkara, masif. Tak hanya 3,4,5 perkara, 212 perkara mereka tangani. Begitu tertangkap otomatis mafia-mafia kartel tiarap. Begitu tiarap harga akan normal. Yang nimbun pun saya perintahkan ditangkap," ucapnya.

Jenderal bintang empat ini menilai keberadaan satgas antikorupsi tidak akan tumpang tindih dengan KPK. Nantinya, KPK bisa menjadi triger mechanism dan supervisor.

"Kami laporkan kasus-kasus itu ke KPK. Jadi kolaborasi," tandasnya. (plt)

tag: #kapolri-jenderal-pol-tito-karnavian  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement