Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 20 Jul 2017 - 06:03:33 WIB
Bagikan Berita ini :

Pilpres Diprediksi Diikuti Dua Capres

90pilkada.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Kelompok DPD RI di MPR RI John Pieris memprediksi bakal ada dua pasangan calon presiden pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 kalau paripurna DPR RI menyetujui persyaratan presidental threshold 20-25 persen dalam RUU Penyelenggaraan Pemilu.

Menurut John Pieris, jika paripurna DPR RI menyetujui persyaratan presidental threshold 20-25 persen maka secara teori dapat diusulkan maksimal empat pasangan calon presiden. Namun, karena sebaran suara pemilu tentu tidak merata, kemungkinan dapat muncul tiga pasangan calon.

"Mencermati poros kekuatan politik saat ini, masih relatif sama dengan poros kekuatan politik pada pemilu 2014. Karena itu saya memperkirakan, akan tampil dua pasangan calon presiden pada pemilu 2019," kata dia pada diskusi 'RUU Pemilu dan Perwujudan Keseimbangan Kewenangan DPR dan DPD' di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Ketua Badan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan DPD RI ini meyakini, calon presiden yang tampil pada pemilu 2019 tidak akan calon tunggal, tapi akan muncul dua pasangan calon. Pada kesempatan tersebut, John Pieris juga mengingatkan Nizar Zahro dari Partai Gerindra bahwa tidak perlu khawatir kalau usulan partainya yakni syarat presidental threshold nol persen gagal dipilih pada rapat paripurna, Kamis (20/7).

Sementara itu, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Nizar Zahro mengatakan fraksinya akan memilih opsi B, dari lima opsi paket lima isu krusial dalam RUU Penyelenggaraan Pemilu, pada rapat paripurna DPR RI, Kamis (20/7) besok. Menurut Nizar, dalam paket B tersebut, mengusulkan syarat presidental threshold nol persen, dengan pertimbangan lebih banyak putra bangsa dapat tampil sebagai calon presiden.

Jika syarat presidental threshold 20-25 persen, menurut dia, maka dapat mengarah pada calon presiden tunggal. (Ant/icl)

tag: #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...