Berita
Oleh M Anwar pada hari Jumat, 21 Jul 2017 - 16:43:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Fahri: Jokowi Bisa Ditinggalkan Banyak Partai

78jokowi-prabowo.jpg
Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai, meski presidential threshold 20 persen telah disahkan, belum jadi jaminan Joko Widodo mulus di Pilpes 2019.

Sebab, menurut pendangan Fahri, jabatan Jokowi di PDIP saat ini hanya sebagai kader, sehingga tidak memiliki kekuatan politik mengajak partai lain.

"Dia (Jokowi) bisa ditinggalkan banyak partai," ujar Fahri di gedung Parlemen, Jakarta, Jumat (21/7/2017).

Politikus PKS itu memperkirakan kekuatan Jokowi di 2019 akan kalah dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Alasannya, Jokowi tidak mempunyai keuntungan jika berhadapan langsung untuk melobi partai politik dibandingkan Prabowo yang menjadi pimpinan di Partai Gerindra.

"UU Pemilu tidak ada jaminan ini menguntungkan pak Jokowi. Karena pak Jokowi tidak kekuatan partai kok, yang punya kekuatan dan nyata itu ya pak Prabowo," cetusnya.

Fahri menambahkan, lewat UU Pemilu partai yang dapat 30-40 persen suara di parlemen bisa memilih calon presiden sendiri. Hal itu pun bisa mengancam calon presiden petahana yang akan maju pada Pilpres berikutnya.

"Partai yang memperoleh lebih dari 20 persen itu bisa menantang pemerintah yang ada. Sebab dia punya kandidat alternatif untuk lima tahun lagi," pungkasnya.(yn)

tag: #fahri-hamzah  #jokowi  #pilpres-2019  #prabowo-subianto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement