Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 22 Jul 2017 - 21:01:13 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Pemanfaatan Energi Terbarukan, Begini Menurut Senator Riri

16-PRW-RIRI-OK.jpg
Riri Damayanti John Latief (Sumber foto : Istimewa )

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)–Riri Damayanti John Latief, anggota DPD RI atau Senator termuda mengatakan Indonesia memiliki potensi sumber energi baru dan terbarukan yang tergolong besar. Namun masih memiliki berbagai kendala agar bisa dimanfaatkan untuk masyarakat.

“Yang jadi persoalan terutama dari sisi teknologi dan pendanaan. Biaya produksi energi terbarukan masih relatif mahal dan belum kompetitif dijangkau masyarakat. Hal ini juga harus menjadi perhatian khusus bagi pemerintah,” terang Riri kepada wartawan, Senin (17/7/2017) di Jakarta.

Riri mengungkapkan hal tersebut merupakan dilema pengelolaan energi di tanah air. Sebab, saat potensi energi baru dan terbarukan belum maksimal dimanfaatkan namun produksi minyak mentah menurun tajam. Padahal konsumsi BBM maupun jenis energi lainnya terus meningkat tajam.

Selain itu ketimpangan antar wilayah, lanjut alumni Universitas Indonesia (UI) ini, juga menjadi permasalahan sendiri dalam distribusi komoditas energi. Seperti wilayah Jawa mempunyai kebutuhan energi yang besar, sementara sumber daya energi mereka terbatas.

“Sedangkan untuk di luar Jawa, potensinya cukup besar namun kebutuhan energinya relatif masih kecil dan infrastruktur energinya masih terbatas. Ini tentu menjadi kajian yang harus ditangani,” ungkapnya.

Sedangkan masalah lainnya, lanjut anggota Komite II DPD RI itu, ikut membuat persoalan penerapan energi terbarukan semakin rumit. Misalnya, isu sosial seperti pembebasan lahan, perizinan, tuntutan hukum, dan kerjasama dengan pihak ketiga.

“Semua ini perlu kajian secara mendalam. Ada tiga hal yang pasti, yakni energi terbarukan ramah lingkungan, potensinya menyebar di seluruh wilayah Indonesia dan energi terbarukan yang kita miliki lengkap mulai dari air, panas bumi, matahari, angin, hingga nuklir,” tutupnya.(dia/dpd)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Hardjuno Pertanyakan Ketegasan Pemerintah dan DPR Soal Pemberantasan Korupsi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 17 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan public seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu ...
Berita

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn ...