Jakarta
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Rabu, 26 Jul 2017 - 05:44:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Gelontorkan Rp 700 Juta, Pemprov DKI Gelar Lebaran Betawi di Setu Babakan

49setubabakan.jpg
Perkampungan Betawai Setu Babakan (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pemprov DKI Jakarta akan menyelenggarakan agenda tahunan Lebaran Betawi pada 28 hingga 30 Juli 2017, di Setu Babakan. Dalam penyelenggaraan ini, pemprov telah menggelontorkan dana sebesar Rp 700 juta.

Ketua Umum Bamus Betawi, Zainudin mengatakan pemilihan Setu Babakan diajukan dengan mempertimbangkan aspek sejarah dan budaya.

Dia menyatakan terdapat lingkungan bernuansa Betawi yang akan menunjang acara tersebut. "Di Setu Babakan itu salah satu destinasi wisata sekaligus model perkampungan Betawi zaman dulu. Ada danau, rumah Betawi, kuliner dan panggung hiburan," kata Zainudin di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (25/7/2017).‎

Zainudin berharap masyarakat, khususnya warga Ibu Kota ikut menyemarakkan acara tersebut.

"Harapannya seluruh masyarakat hadir pada 28-30 Juli mulai pagi hari. Dan kalau tidak ada halangan Insya Allah akan dihadiri Sekda, dan beliau akan berikan sambutan. Hari kedua Pak Gubernur, dan Pak Presiden pada hari Minggu 30 Juli," jelas Haji Oding panggilan akrab Zainudin.

Sementara itu, Sekda DKI Saefullah menyatakan, mulai tahun ini Situ Babak akan menjadi tempat resmi lebaran Betawi.

"Mulai tahun ini dan seterusnya tidak akan berubah. Mudah-mudahan kegiatan seni ini final di Setu Babakan," kata Saefullah.

Saefullah mengatakan Pemprov juga telah melakukan persiapan untuk mengadakan acara tersebut. Dia menyebut anggaran yang digelontorkan mencapai Rp 700 juta.

"Anggaran hibah sudah dicairkan. Tahun ini betul-betul siap. Saya intip ada Rp 700 jutaan. Itu nanti diplot oleh Bamus sendiri," katanya.

Saefullah mengaku, pihaknya telah memerintahkan jajarannya untuk melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Setu Babakan. Dia berharap acara tersebut dapat berjalan lancar, aman dan meriah.

"Nanti Dishub juga akan melakukan rekayasa lalu lintas. Akan ada satu jalur. Mobil bus dari TransJakarta yang mobile. Dari halte nanti dia muter ke tempat-tempat parkir, dari pagi jam 06.00 WIB sampai 18.00 WIB sore. Mengangkut pengunjung yang akan melihat pagelaran Betawi," tandasnya. (plt)

tag: #bamus-betawi  #pemprov-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...