Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 26 Jul 2017 - 15:05:17 WIB
Bagikan Berita ini :

Survey Pilgub Riau, INES: Elektabilitas Syamsuar Tertinggi

58pilkada.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Hasil survey Indonesia Network Election Survei menunjukan masyarakat Riau memilih Bupati Bupati Siak Syamsuar untuk jadi Gubernur Riau pada 2018 nanti.

“Tingkat Elektabilitas, ketika ditanyakan secara Top Of Mind Syamsuar 21,3 persen, Firdaus 11,4 persen, HM. Haris 9,9 persen, Septina Primawati 8,2 persen, Achmad 11,2 persen, Lukman Edy 6,2 persen dan Gubenur Petahana Riau Arsyadjuliandi Rachman 8,3 persen, Indra Muchklis 5,6 persen, Istiawati Ayus 2,3 persen, Yopi Arianto 3,2 persen, Sukarmis 2,3 persen, Irwan Nasir 2,4 persen dan tidak menjawab sebanyak 9,5 persen,” ujar Direktur Eksekutif INES Sutisna dalam siaran pers yang diterima wartawan, Selasa (25/7/2017).

Menurut Sutisna saat ditanya dengan pertanyaan tertutup dari ke 12 tokoh tersebut jika diadakan pemilihan Gubernur hari ini maka jawaban responden adalah Syamsuar Bupati Siak dipilih 22,3 persen masyarakat Riau, Firdaus 11,1 persen, HM. Haris 8,2 persen, Septina Primawati 7,4 persen, Achmad 9,2 persen, Lukman Edy 6,2 persen, Indra Muchklis 5,6 persen, Istiawati Ayus 2,3 persen, Yopi Arianto 3,2 persen, Sukarmis 3,3 persen, Irwan Nasir 2,3 persen dan tidak menjawab sebanyak 11,4 persen.

Lebih jauh, Sutisna menjelaskan bahwa untuk tingkat popularitas hanya tempat tokoh yang memiliki tingkat pengenalan masyarakat Riau diatas 80 persen yaitu tertinggi Ahmad mantan Bupati Rohul dua periode dan pernah mencalonkan diri sebagai Cagub Riau dengan tingkat popularitas 85,3 persen, Arsyadjuliandi Rachman Gubernur Petahana 81,4 persen, Syamsuar Bupati Kab Siak 81,2 persen sementara untuk tokoh lainnya dibawah 80 persen.

“Tapi perlu dicatat tingkat popularitas yang tinggi merupakan modal awal bagi tokoh untuk bisa menjadi pilihan masyarakat sebab saat ini diketahui bahwa publik Riau paling banyak menerima informasi seputar kandidat melalui poster, baliho dan alat iklan kampanye lainnya, medsos dan media massa cetak dan online,” paparnya.

Untuk tingkat akseptabilitas senidiri Bupati Siak Syamsuar adalah tokoh yang paling diterima oleh masyarakat Riau yaitu 84,2 persen, lalu disusul Septina 81,6 persen, Firdaus 81,5 persen, Achmad 78,7 persen, HM. Harris 75,3 persen, Arsyadjuliandi Rachman 72,3 persen, Lukman Edy 60,2 persen, sementara tokoh lainnya dibawah 50 persen tingkat akseptabilitas oleh masyarakat Riau.

“Ada beberapa faktor masyarakat Riau dalam menilai cocok atau tidaknya tokoh layak memimpin Riau, diantaranya, kualitas, kompetensi, integritas, profesionalitas, personalitas, perilaku, prestasi, reputasi, kepemimpinan,” ungkapnya.

Dalam Survei tersebut, Sutisna mengaku bahwa muncul penilai dari masyarakat Riau bahwa Kinerja Pemda Riau Lima Tahun Terakhir Dalam Bidang Ekonomi Dari survei menunjukan bahwa warga Riau merasa kepemimpinan Gubernur Petahana Riau saat ini tidak berhasil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau.

“Keadaan fasilitas sarana dan prasaran pendidikan di Propinsi Riau temuan survei menunjukan 60,90 persen dari 1984 responden menilai bahwa kinerja gubenur petahana dalam hal pembangunan fasilitas pendidikan tidaklah ada bedanya dengan pemerintahan sebelumnya, hanya sebatas misi pada saat kampanye saja agar memperoleh banyak suara tanpa ada aktualisasi.

“Temuan survey lainnya yaitu masyarakat menilai bahwa keadaan fasilitas sarana dan prasarana infrakstruktur dan transportasi di Propinsi Riau sangat buruk dan ini terekam dalam jawaban 60,7 persen masyarakat berpendapat keadaan fasilitas sarana dan prasaran infrakstruktur dan transportasi di Riau sudah baik sedangkan yang mengatakan tetap atau tidak ada perubahan hanyalah 15,8 persen dan yang mengatakan baik hanya 23,8 %, diakibatkan banyak APBD yang bocor alias di korupsi dan kurang maksimalnya penyerapan anggaran dalam Program Peningkatan Sarana dan Prasarana infrastruktur dan transportasi,” tandasnya.

“Karena itu gubernur Riau mendatang perlu melakukan pengembangan dan peningkatan prasarana transportasi tersedianya Master Plan Transportasi, Rencana Umum Jaringan Transportasi Jalan (RUJTJ), dan Tataran Transportasi yang bersifat lokal,” pungkasnya.

Survei dilakukan pada tanggal 5 Juli hingga 15 Juli 2017, jumlah sampel adalah 1984 responden yang tersebar di 135 Kecamatan di Propinsi Riau dengan tingkat kepercayaan/ confidence level sebesar 95 persen. Dengan Margin Error +/- 2.2 persen. (icl)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Hardjuno Pertanyakan Ketegasan Pemerintah dan DPR Soal Pemberantasan Korupsi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 17 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan public seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu ...
Berita

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn ...