Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 28 Jul 2017 - 06:58:09 WIB
Bagikan Berita ini :

APKI Keluhkan Harga Garam Meroket dan Langka

29GARAMSALT.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

GARUT (TEROPONGSENAYAN) - Kelangkaan garam berimbang kepada industri kerajinan kulit di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Produksi kulit terganggu akibat garam yang digunakan untuk proses pembuatan bahan baku kulit setengah jadi langka di pasaran termasuk dari daerah pemasok Kabupaten Cirebon.

"Kalau garamnya mahal apalagi sampai tidak ada barang, tentu jadi masalah buat penyamakan kulit," kata Wakil Ketua Bidang Pemerintahan Asosiasi Penyamak Kulit Indonesia (APKI) Kabupaten Garut, Sukandar, kepada wartawan di Garut, Kamis (27/7/2017).

Ia menuturkan, Kabupaten Garut merupakan kawasan industri kerajinan kulit. Tercatat ada 320 pengusaha penyamakan kulit yang ada di Sukaregang, Garut Kota.

Menurut dia, kebutuhan garam per bulannya rata-rata mencapai 120 ton, bahkan akan meningkat tiga kali lipat ketika Hari Raya Idul Adha, karena stok bahan baku kulit melimpah.

"Kebutuhan garam saat Idul Adha bisa meningkat sampai tiga kali lipat," katanya.

Ia menyampaikan, selama ini ketersediaan garam langka dari daerah pemasok, kalau pun ada harganya naik 400 persen dari Rp 1.100 menjadi Rp 5 ribu per kilogram.

Ia menjelaskan, kenaikan harga garam telah memberatkan biaya produksi sehingga menimbulkan kerugian bagi para pengusaha penyamakan kulit di Garut.

"Kami tentu kebingungan dengan kondisi saat ini, karena ini (garam naik) yang sangat tinggi baru pertama kali terjadi," katanya.

Ia menambahkan, biasanya kenaikan harga garam tidak terlalu tinggi, sedangkan saat ini mencapai Rp 5 ribu dan berlangsung cukup lama.

Ia menjelaskan, garam merupakan bahan utama untuk proses pembuatan bahan baku kulit atau pengawetan bahan setengah jadi, jika tidak diberi garam maka kulit akan membusuk.

"Garam sangat penting, ketika harga naik maka akan berefek pada harga kulit, akibatnya mengurangi keuntungan penyamak," katanya.

Ia berharap, pasokan dan harga garam dapat kembali normal agar produksi bahan baku kulit tidak mengalami kerugian.

"Mudah-mudahan harga garam secepatnya normal," katanya. (Ant/icl)

tag: #harga-pangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...