Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 31 Jul 2017 - 19:16:22 WIB
Bagikan Berita ini :

Menkomaritim Pastikan Bank Swasta Biayai LRT Jabodebek

15(KabinetKerja)LuhutIII.jpg
Luhut Binsar Pandjaitan (Sumber foto : Dokumen Teropongsenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan keterlibatan bank swasta dalam konsorsium yang membiayai Light Rail Transit Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek) karena laju pengembalian investasi (internal rate of return/IRR) proyeknya bernilai bagus.

"Memang konsorsiumnya tidak jadi hanya bank pemerintah karena project IRR-nya bagus," katanya di Jakarta, Senin (31/7/2017).

IRR LRT Jabodebek, menurut dia, diupayakan agar mencapai dua digit, berdasarkan kajian dan konsultasi Pricewaterhouse Coopers (PwC) setelah melakukan evaluasi pendanaan, subsidi hingga teknologi yang digunakan.

Pendanaan proyek diraih dari kredit perbankan dan investasi PT KAI (Persero) dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk melalui Penyertaan Modal Negara (PMN).

Dari sisi teknologi, menurut dia, penggunaan sistem persinyalan mengatur perjalanan arus penumpang secara moving block dapat mengangkut lebih banyak penumpang.

Subsidi yang diberikan dalam LRT Jabodebek, menurut Luhut, juga tidak diberikan langsung dalam tiket per orang, melainkan dari selisih kebutuhan operasional dan pendapatan.

"Dan, itu membuatnya jadi bagus," katanya.

Ia menuturkan proyek LRT Jabodebek dengan skema pembiayaan seperti itu bisa jadi model atau rujukan penyelesaian kasus (show case) untuk proyek serupa di wilayah lain.

"Ini jadi peluang untuk showcase bahwa ini bisa dipakai di LRT di Bandung, Surabaya atau Medan. Jadi, tidak perlu pakai APBN terlalu banyak," demikian Luhut Bindat Pandjaitan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi secara terpisah mengatakan ada dua perbankan swasta, yakni BCA dan CIMB Niaga yang berminat untuk masuk dalam konsorsium pembiayaan LRT Jabodebek.

"Saya dapat keterangan kalau enggak salah BCA sudah mau, dan satu lagi Bank CIMB Niaga. Pemerintah sudah ajak bank swasta," katanya menambahkan. (Ant/icl)

tag: #lrt  #luhut-binsar-pandjaitan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...