Berita
Oleh M Anwar pada hari Sabtu, 05 Agu 2017 - 13:24:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Toko Online Susah Ditagih Pajaknya, Pemerintah Nyerah

41toko-online-terpercaya.jpg
Toko online (Sumber foto : Dok Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengaku sulit menagih pajak dari transaksi di toko online.

Ini karena Pemerintah belum memiliki data valid mengenai jual-beli yang terjadi di dunia maya.

"Susah, (transaksi di) online itu belum terdata dengan baik. Jujur, kita enggak berdaya mengatasi ini," ujar Bambang di kantor Bappenas, Jakarta, Jumat (4/8/2017).

Bambang memberi contoh situs belanja online terkenal dari Amerika Serikat, Amazon. Walaupun transaksinya sampai di Indonesia, namun pemerintah tidak punya cara menagih pajaknya.

"Amazon misalnya, pajaknya gimana menagihnya," ungkap Bambang.

Mantan Menteri Keuangan itu punya keyakinan statistik data penjualan online belum memasukan semua situs belanja yang beroperasi, baik dari luar maupun dalam negeri. Bambang menyebut Instagram salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk iklan promosi dan jual-beli barang.

"Contoh Instagramkan dipakai untuk promosi. Statistik saja nggak merekam kejadian itu. Ini menurut saya masih misteri," ungkap Bambang.

Mantan Wakil Menteri Keuangan itu juga tidak lupa menyebut taksi online yang saat ini banyak digunakan masyarakat kota besar. Pajak dari aplikasi tersebut dinilai Bambang belum semuanya diserap oleh pemerintah.

"Satu lagi taxi online Go-Car atau Grabcar itu harus dilihat," papar Bambang. (aim)

tag: #bappenas  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Pengiriman Bantuan untuk Korban Gempa Terkendala Kapal, NU Bawean Minta Jokowi Turun Tangan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
GRESIK (TEROPONGSENAYAN) --Pengiriman bantuan logistik/sembako untuk korban Gempa Bawean, Gresik, terkendala menyusul minimnya armada kapal barang yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan ...
Berita

Rojih Ubab Maimoen: Media Sosial Bisa Dijadikan Amal di Bulan Ramadan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi 1 DPR RI, KH. Rojih Ubab Maimoen mengajak masyarakat untuk mengunakan media digital dengan sebaik-baiknya. Apalagi, kata ia, di bulan Ramadan yang penuh ...