Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 06 Agu 2017 - 09:43:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisioner Komnas HAM Desak Victor Minta Maaf Secara Ksatria

57victorlaiskodat2.jpg
Ketua Fraksi Nasdem DPR RI Victor Bungtilu Laiskodat (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution mendesak Ketua Fraksi Nasdem DPR RI Victor Bungtilu Laiskodat untuk meminta maaf kepada publik secara terbuka. Permintaan maaf itu menyusul pernyataannya di Kupang, NTT, 1 Agustus lalu, yang menyulut polemik.

Dalam pidatonya, Victor menuding Partai Demokrat, Gerindra, PAN, dan PKS mendukung gerakan intolerans. Keempat partai itu juga disebut mendukung paham khilafah.

Maneger menilai, pernyataan Victor mengingkari Indonesia sebagai bangsa multikultur.

"Ia mengingkari sejarah bangsanya sendiri. Sebagai wakil rakyat dan sebagai pejabat publik, ia gagal paham tentang hal paling elementer dari kewajiban konstitusionalnya sebagai pejabat publik," tegas komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution dalam siaran persnya seperti dikutip dari rmol.co, Minggu (6/8/2017).

Sebagai anggota DPR, menurut dia, Victor merupakan duta empat Pilar MPR. Namun, sangat disayangkan pernyataan Victor justru mengingkari kebhinekatunggalikaan Indonesia.

"Sangat disayangkan," ujar Maneger.

Atas tindakan provokatifnya itu, ia mendesak Victor, segera meminta maaf kepada publik secara ksatria. Sebab, telah melukai nurani kemanusiaan, tidak hanya hati umat Islam, dengan kalimat provokatif yang dilontarkannya dan mencederai keguyuban sosial bangsa.

"Ada baiknya pimpinan partai terkait menegur secara keras dan mengevaluasi kinerja yang bersangkutan. Dan, MKD DPR sejatinya memproses dan meminta pertanggungjawaban yang bersangkutan," pintanya.

Namun, lanjut Maneger, jika ada warga negara atau kelompok masyarakat yang menempuh upaya hukum untuk meminta pertanggungjawaban hukum yang bersangkutan, maka sepatutnya dihargai.

"Itu adalah cara paling bermartabat dalam konteks Indonesia sebagai negara hukum," terangnya.

Komnas HAM mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi, utamakan akal sehat, dan saling memuliakan satu sama lain.

"Sekira ada persoalan, kedepankan dialog dan musyawarah," pungkasnya. (plt)

tag: #komnas-ham  #partai-nasdem  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...