Berita
Oleh M Anwar pada hari Senin, 07 Agu 2017 - 09:06:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Duh, Setnov Bakal Baca Teks Proklamasi Saat Upacara 17-an di Istana, ICW Tak Rela

64setya-novanto.jpg
Ketua DPR Setya Novanto (Sumber foto : Dok Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Koordinator Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz menilai, Ketua DPR Setya Novanto tak layak menjadi pembaca teks proklamasi dalam HUT ke-72 RI di Istana, 17 Agustus mendatang.

"Teks proklamasi itu suci, pejuang berdarah-darah lho untuk bisa bacakan teks ini," kata Donal saat dikonfirmasi Tribunnews.com, Minggu (6/8/2017).

Status Setya Novanto sebagai tersangka korupsi kasus KTP elektronik, menurut Donal, mencoreng sejarah Indonesia.

"Masa seorang tersangka korupsi? Itu sangat memalukan dan akan jadi sejarah republik ini, bahwa pembaca teks proklamasi adalah seorang tersangka korupsi, yang masih nyaman duduk di kursi pimpinan DPR," tutur Donal.

Untuk itu, dirinya mendorong supaya Ketua Umum Partai Golkar ini segera ditahan KPK. Donal juga menyindir anggota DPR yang tidak mengambil sikap dan seolah mendukung Setya Novanto.

"Anggota DPR itu harus kompak mendesak Setya Novanto mundur, menurut saya desakan ini tidak berbunyi akhir-akhir ini," ujarnya.

Donal menambahkan, jangan sampai ada opini politikus justru dibungkam oleh seorang tersangka korupsi.

Hingga saat ini, pihak istana memang belum menentukan siapa yang didapuk membaca teks proklamasi, yang pada 17 Agustus 1945 dibacakan oleh sang proklamator, Soekarno. Namun, pada 2015 Setya Novanto pernah membacakan teks proklamasi. Sedangkan pada 2016 Ade Komarudin yang pernah menjabat Ketua DPR juga melakukan hal yang sama. (aim)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Pengiriman Bantuan untuk Korban Gempa Terkendala Kapal, NU Bawean Minta Jokowi Turun Tangan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
GRESIK (TEROPONGSENAYAN) --Pengiriman bantuan logistik/sembako untuk korban Gempa Bawean, Gresik, terkendala menyusul minimnya armada kapal barang yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan ...
Berita

Rojih Ubab Maimoen: Media Sosial Bisa Dijadikan Amal di Bulan Ramadan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi 1 DPR RI, KH. Rojih Ubab Maimoen mengajak masyarakat untuk mengunakan media digital dengan sebaik-baiknya. Apalagi, kata ia, di bulan Ramadan yang penuh ...