Berita
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 08 Agu 2017 - 14:58:24 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi Minta Masyarakat Sambut Baik Capaian Pemerintah

53jokowi2.jpeg
Presiden Joko Widodo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Presiden JokoWidodo (Jokowi) mengklaim bahwa pemerintah berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia, mengalahkan sejumlah negara besar G20. Untuk itu, ia meminta masyarakat menyambut baik capaian tersebut.

"Ini patut kita syukuri. Coba kita lihat, kita kalahkan India dan Tiongkok, RRC, Turki, Korsel, Meksiko, Jerman, Uni Eropa, Amerika, Arab Saudi, Jepang, semuanya di bawah kita jauh. Ini yang sering kita tidak menyadari, nggak mensyukuri," kata Jokowi di Ponpes Minhaajurrosyidiin, Jakarta Timur, Senin (8/8/2017).

Lebih lanjut Jokowi menyebutkan, pada kuartal kedua 2017, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,01persen. Sementara, angka inflasi pun, kata dia, juga dapat ditekan.

Jokowi kemudian menjelaskan alasan pemerintah fokus menyelesaikan pembangunan infrastruktur terlebih dahulu. Menurut dia, pembangunan infrastruktur merupakan hal dasar yang harus dilakukan untuk bersaing dengan negara-negara lain.

Ia berjanji, pembangunan di daerah perbatasan, pelabuhan besar, jalan tol, dan lain-lain akan segera diselesaikannya. Dengan demikian, diharapkan dapat menekan ongkos distribusi barang serta menurunkan harga bahan pokok di seluruh daerah.

Usai menyelesaikan pembangunan infrastruktur, pemerintah fokus untuk membangun sumber daya manusia (SDM). Jokowi mengatakan, SDM Indonesia harus disiapkan dengan baik sehingga memilikietos kerja dalam mengelola infrastruktur. "Tanpa itu, negara ini tidak akan jadi sebuah negara kuat," tambahnya.

Ia pun mengusulkan, agar sekolah kejuruan juga menyediakan jurusan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Misalnya saja, ia menyebutkan, diperlukannya jurusan-jurusan seperti jurusan pembangunan SDM, jurusan manajemen ritel, jurusan manajemen logistik, dan lain-lain.

"Saya selalu menyampaikan kepada Menristek, rektor kalau saya ketemu, jangan juga kita terpaku pada jurusannya apa jurusan ekonomi, hukum, sospol, kenapa tidak membangun jurusan yang dibutuhkan sekarang ini," ujar Jokowi.

Tak hanya itu, menurut Jokowi, pendidikan karakter serta ilmu agama juga harus diberikan dalam pembangunan SDM. Pendidikan karakter ini, lanjutnya, dapat diajarkan melalui berbagai sekolah termasuk pondok pesantren.

"Ilmu tanpa iman dan taqwa juga percuma, nggak ada artinya," tandas dia.(yn)

tag: #ekonomi-indonesia  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement