Kunjungi Islandia, DPR Desak Pemerintah Prioritaskan EBT
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 10 Agu 2017 - 21:43:44 WIB

Bagikan Berita ini :

2320170810_210201.jpg
Sumber foto : Istimewa
Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto saat memimpin delegasi DPR RI mengunjungi pengelolaan panas bumi di Islandia, Rabu (9/8/2017)

REYKJAVIK (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto mendesak pemerintah memprioritaskan energi baru dan terbarukan (EBT) khususnya Panas Bumi. Pasalnya, potensi energi panas bumi mencapai 30 Giga Watt namun baru lima persen saja energi panas bumi yang digarap yaitu sekitar 1700 MW.

"Pemerintah lambat laun harus meninggalkan fuel dan batubara dengan menguatkan energi baru dan terbarukan seperti gothermal (panas bumi), hidro dan arus laut, serta panel surya," papar Agus Hermanto di Islandia, Rabu (9/8/2017).

Menurut Agus, untuk panel surya diakuinya sangat dibutuhkan bagi masyarakat perbatasan dan juga yang minim akses infrastruktur.

Menyinggung riset Panas bumi, lanjut Agus, kedatangan delegasi untuk belajar dalam mengelola riset geothermal yang memiliki standar dunia. Karena itu kita juga pernah mengunjungi selandia baru dan sekarang mengunjungi Iceland Geothermal (ISOR) di Islandia.

"Memang kita belum punya riset geothermal karena itu kita akan bangun embrio pusat riset geothermal. Untuk ISOR sendiri merupakan pusat penelitian panas bumi yang cukup besar dulu dibawa pemerintah sekarang telah dikelola oleh pemerintah daerah setempat,"ujarnya.(dia/dpr)

 

tag: #  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING
Pembaca Teropong Senayan, Yth Perhelatan Pilkada Serentak 2018 sudah usai. Hasil hitung cepat (quick count) lembaga survei telah terpublikasi secara masif. Dari publikasi ini, para pemilih pun mengerti menang atau kalahkah kandidat yang mereka pilih. Pada saat bersamaan, para kandidat capres/cawapres dan partai pendukung ditengarai juga mulai mengatur strategi menyikapi hasil pilkada. Tentu, strategi ini hendak menempatkan hasil pilkada sebagai acuan meraih kemenangan pada Pilpres 2019. Menurut Anda, siapa capres yang diuntungkan oleh hasil Pilkada 2018 :
  • Joko Widodo
  • Prabowo Subianto
  • Calon Alternatif Poros Ketiga
LIHAT HASIL POLING