Opini
Oleh Zeng Wei Jian pada hari Sabtu, 12 Agu 2017 - 14:19:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Natalius Pigai : Dia Saudara Kita

32IMG_20170414_195606.jpg
Zeng Wei Jian (Sumber foto : Istimewa )

Bangun tidur, pagi-pagi dapet foto dari Bang Lieus Sungkharisma. Sebuah picmix statemen seseorang bernama Andi Wu. Dia sebut Natalius Pigai sebagai "beruk". Sedangkan Lieus Sungkharisma dan saya diberi predikat "asu" alias anjing.

Saya broadcast. Teman-teman pada marah sama si Andi Wu. Tapi itu sudah biasa.

Omongan Andi Wu just like a corrosive acids, keluar dari mulut toxic people. His hatred is clear, metallic, one-sided, tegas.

So sad. Menakutkan. Seperti kata Stephenie Meyer, (Andi Wu) "to be filled with so much hate that you (or he) could not even rejoice in the healing of a child."

Bagi Carrie Jones, kebencian adalah "a useless emotion". Benci sinonim dengan a deep (extrim) emotional dislike. Dalam psychoanalysis, Sigmund Freud mendefinisikan rasa-benci sebagai an ego state that wishes to destroy the source of its unhappiness.

Kadang saya heran, apa yang membuat orang-orang macam Andi Wu benci sama Pigai, Felix Siauw, Lieus, dan saya. Pastinya bila discanned, setiap kali Andi Wu melihat gambar kami (orang-orang yang dia benci), aktivitas otaknya meningkat: middle frontal gyrus, premotor cortex, putamen kanan, dan the medial insular cortex. Benar kata Jabe Austen, "Hate is a natural defect".

In New Testament, John bilang, "whosoever hateth his brother is a murderer" (1 John 3). Pigai merespon Andi Wu dengan bilang, "dia saudara kita". Lieus Sungkharisma cuma ketawa. Saya kira, dia sudah kebal dicaci-maki. Dia pernah disebut sebagai "Monyet bawa obor kerusuhan". Begitu pula dengan Felix. Kenyang dihina, dihujat, difitnah.

"Hate, it caused a lot of problems in the world, but has not solved one yet," kata Maya Angelou.

Entah kenapa, sedikit pun saya ngga rasakan marah, kesal, agony nor pain disebut "asu" oleh Andi Wu. Nyengir aja. Malah terbit rasa kasian. Dia terintimidasi fantasinya sendiri.

Mengutip Booker T Washington, "I will permit no man to narrow and degrade my soul by making me hate him".

Karena, "Hatred is the coward's revenge for being intimidated," kata George Bernard Shaw.(*)

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Opini Lainnya
Opini

Jalan Itu Tidaklah Sunyi

Oleh Swary Utami Dewi
pada hari Senin, 22 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --"Jika Mamah jadi penguasa apakah Mamah akan menjadikan anak Mamah pejabat saat Mama berkuasa?" Itu pertanyaan anakku malam ini. Aku mendengarkan anakku ini. ...
Opini

Putusan MK dan Kejatuhan Joko Widodo

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Putusan MK dan Kejatuhan Joko Widodo adalah dua hal yang dapat di sebut sebagai sebab dan akibat. Putusan MK dalam gugatan Pilpres, akan menjadi sebab dan penyebab ...