Lobi TSBerita TSZoom TSRagam TSKita TSNongkrong TSJakarta TSMitra TSGrafis TSTV
Diplomasi Tukar Baju Barong dengan Peci Warnai Kunjungan DPD RI di Manila
Oleh M Anwar - ( Sabtu, 12 Agu 2017 - 21:44:52 WIB ) di Rubrik TSBerita

Bagikan Berita ini :

8320170812_213755.jpg
Anggota House of the Representatives Filipina, Aniceto 'John' Bertiz III (kiri) berfoto bersama anggota DPD RI dari Jambi, Abu Bakar Jamalia (kanan)
Sumber foto : Istimewa

TSPol

Apakah yang Anda harapkan terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang baru dilantik?
Melanjutkan program Gubernur-Wakil Gubernur sebelumnya (termasuk reklamasi teluk Jakarta)
Menjalankan program 100 hari pertama sebagai Gubernur-Wakil Gubernur
Menjalankan komunikasi dan interaksi intetsif dengan warga ibukota

Lihat Hasil Poling

MANILA (TEROPONGSENAYAN)--Ada kejadian unik ketika delegasi Badan Kerja Sama (BKSP) DPD RI bertemu para anggota Komite Luar Negeri dan Komite Hubungan Antar-Parlemen dan Diplomasi House of the Representatives (semacam DPR) Filipina. Para anggota DPR Filipina memberikan berbagai pertanyaan yang tergolong sulit dalam pertemuan tersebut.

Mereka melemparkan pertanyaan, mulai dari isu terorisme, tenaga kerja, obat-obatan terlarang, hingga kebijakan perikanan Indonesia. Salah seorang penanya yang cukup bersemangat adalah Aniceto 'John' Bertiz III. Dia meminta dukungan DPD RI untuk mendorong legislasi perlindungan investasi perikanan Filipina di Manado dan Bitung.

Setelah pertemuan selesai, Aniceto, yang pernah menjadi tenaga kerja Filipina di Timur Tengah, berbincang dengan beberapa anggota delegasi BKSP DPD RI.

Suasananya sangat cair sampai-sampai Aniceto membuka baju tradisional Filipina yang digunakannya dan memberikannya kepada anggota DPD RI dari Jambi, Abu Bakar Jamalia. Spontan, tindakan Aniceto tersebut membuat tertawa anggota DPD lain yang juga hadir.

“Saya terkejut, itu spontan, dia (Aniceto) membuka kemeja barong dan meminta saya memakainya,” ujar Abu Bakar dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Sabtu (12/8/2017).

Sebagai gantinya, Abu Bakar memberikan pecinya kepada Aniceto dan foto mereka berdua diabadikan anggota DPD RI dari Nusa Tenggara Timur (NTT), Adrianus Garu.

Diplomasi mengembangkan hubungan parlemen harus mampu membangun suasana cair untuk membangun dialog atas berbagai isu yang mungkin sulit untuk dibicarakan. Spontanitas justru sering membuat diplomasi berlangsung hangat.

Delegasi BKSP DPD RI berada di Filipina dari sejak 8 hingga 10 Agustus. Mereka mengunjungi Senat, DPR Filipina, Bank Pembangunan Asia (ADB) dan Asosiasi Perawat Filipina (PNA).(dia/dpd)


Editor : Redaktur | teropongsenayan.com
tag: #  

Bagikan Berita ini :



Tanggapan Anda atas berita ini?

BeritaLainnya

60rotn.jpg
32batubata.jpg
64jokowijk.jpg
79Tjahjo.jpg
12Partai-Komunis-Cina.jpg
33Zulkifli-Hasan-Gus-Sholah.jpg